PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TINGGAL DI RUMAH ORANG TUA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA AL-KAUTSAR BANDARLAMPUNG T.A 2015/2016

BAHTIAR AFWAN, 1213033012 (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ANTARA SISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN SISWA YANG TINGGAL DI RUMAH ORANG TUA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA AL-KAUTSAR BANDARLAMPUNG T.A 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1441Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1442Kb) | Preview

Abstrak

Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilihat dari nilai yang diperolehnya selama kurun waktu tertentu yang diberikan oleh guru melalui mekanisme penilaian yang telah ditetapkan. Hasil belajar tersebut merupakan salah satu parameter yang dapat dilihat untuk mengetahui seberapa berhasilnya siswa dalam kegiatan proses pembelajaran yang telah dilakukan. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa dalah tempat tinggal. Berdasarkan penelitian pendahuluan terdapat 2 kategori tempat tinggal siswa SMA Al-Kautsar. Tempat tinggal siswa ada yang tinggal di asrama dan ada juga yang tinggal di rumah bersama dengan orang tuanya. Berdasarkan latar belakang diatas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang tinggal di asrama dan siswa yang tinggal di rumah orang tua pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Al-Kautsar Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peredaan hasil belajar siswa yang tinggal di asrama dan siswa yang tinggal di rumah orang tua pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X SMA Al-Kautsar Tahun Ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah komparatif. Desain penelitian yang digunakan adalah causal comparative tipe komparatif independen. Sampel pada penelitian ini adalah 30 orang siswa dari masing masing sub populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif yaitu dengan menganalisis data hasil belajar semester genap siswa kelas X SMA Al-Kautsar Bandarlampung. Analisis data yang digunakan secara kuantitatif dengan menggunakan uji beda non-parametrik mann-whittney dengan menggunakan bantuan software SPSS 21 (0,029 < 0,05) dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang tinggal di asrama dan siswa yang tinggal di rumah orang tua pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA Al-Kautsar tahun ajaran 2015/2016.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 8097334 . Digilib
Date Deposited: 09 Mar 2017 08:22
Last Modified: 09 Mar 2017 08:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26047

Actions (login required)

View Item View Item