IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI IPA BIOLOGI SEMESTER GENAP PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 TANJUNG RAYA (Studi Deskriptif Tentang Identifikasi Miskonsepsi Materi IPA Biologi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Tanjung Raya Mesuji Tahun Pelajaran 2015/2016)

SEPTIANA PUSPITA SARI , 1213024063 (2017) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI IPA BIOLOGI SEMESTER GENAP PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 TANJUNG RAYA (Studi Deskriptif Tentang Identifikasi Miskonsepsi Materi IPA Biologi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP N 1 Tanjung Raya Mesuji Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHAAN.pdf

Download (564Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui miskonsepsi materi ciri dan klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, kepadatan populasi manusia, peran manusia dalam pengelolaan lingkungan semester genap pada kelas VII dan materi yang paling banyak terjadi miskonsepsi pada siswa kelas VII. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Tanjung Raya pada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2015/2016. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif sederhana. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, VIII B, VIII C yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara tentang miskonsepsi dengan guru pelajaran IPA. Data kuantitatif diperoleh dari tes iii soal pilihan jamak dan esay yang di analisis dengan metode Certainty of Response Index (CRI). Hasil uji tes soal pilihan jamak dan essay siswa yang mengalami miskonsepsi materi IPA semester genap pada siswa kelas VII SMP yaitu 20,67% dengan kriteria rendah, siswa yang tidak tahu konsep 37,11% dengan kriteria rendah sedangkan siswa yang tahu konsep 43,46% kriteria sedang. Hasil identifikasi dari instrumen terdapat salah satu konsep terjadi miskonsepsi yaitu sub konsep keanekaragaman makhluk hidup dengan persentase 33,33% termasuk dalam kriteria rendah. Dengan demikian dapat disimpulkan persentase miskonsepsi sebesar 20,67% dengan kriteria rendah, sedangkan yang paling banyak terjadi miskonsepsi terdapat pada materi ciri dan klasifikasi makhluk hidup. Kata kunci : Deskriptif sederhana, simple random sampling, CRI, Miskonsepsi, dan IPA

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: 3575490 . Digilib
Date Deposited: 16 Mar 2017 08:39
Last Modified: 16 Mar 2017 08:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26080

Actions (login required)

View Item View Item