PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN REMEDIAL OLEH TUTOR SEBAYA DENGAN PENUGASAN

Nengah Sara Dwi Saputri, 1313022048 (2017) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA ANTARA PENERAPAN PEMBELAJARAN REMEDIAL OLEH TUTOR SEBAYA DENGAN PENUGASAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2800Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2801Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Dilaksanakannya penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa pelaksanaan pembelajaran remedial di SMA Negeri 1 Kotagajah tidak terlaksana sebagaimana mestinya, sehingga mengakibatkan hasil belajar fisika rendah dan ketika diberikan tes remedial tetap rendah. Tetap rendahnya hasil belajar fisika ini disebabkan oleh kurang tepatnya pembelajaran remedial yang digunakan oleh guru dalam memberikan pembelajaran. Pembelajaran remedial oleh tutor sebaya dan pembelajaran remedial dengan penugasan merupakan salah satu metode dalam menerapkan rembelajaran remedial bagi siswa yang belum tuntas dalam belajarnya. Metode tesebut dapat dijadikan sebagai pilihan dalam melaksanakan pembelajaran remedial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran remedial oleh tutor sebaya terhadap hasil belajar fisika siswa, mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran remedial dengan penugasan terhadap hasil belajar fisika siswa dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan pembelajaran remedial oleh tutor sebaya dengan penugasan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Dalam penelian ini menggunakan dua kelas eksperimen sehingga desain penelitian yang digunakan adalah the static group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini dipillih menggunakan teknik purposive sampling, dipilih sebanyak dua kelas dari populasi siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Kotagajah semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 sebagai sampel. Hasil pengolahan data hasil belajar fisika siswa pada kelas eksperimen tutor sebaya atau kelas yang diterapkan pembelajaran remedial oleh tutor sebaya diperoleh nilai N-gain 0,585 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas eksperimen penugasan atau kelas yang diterapkan pembelajaran remedial dengan penugasan diperoleh nilai N-gain 0,192 dengan kategori rendah. Dari perolehan nilai N-gain untuk masing-masing kelas eksperimen tersebut, terlihat adanya perbedaan antara kedua kelas eksperimen. Penerapan pembelajaran remedial oleh tutor sebaya lebih baik terhadap hasil belajar fisika siswa dibandingkan penerapan pembelajaran remedial dengan penugasan. Berdasarkan pengujian hipotesesis menggunakan Independent Sample T Test diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pembelajaran remedial oleh tutor sebaya terhadap hasil belajar fisika siswa, ada pengaruh pembelajaran remedial dengan penugasan terhadap hasil belajar fisika siswa dan terdapat perbedaan hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan pembelajaran remedial oleh tutor sebaya dengan penugasan. Kata Kunci: hasil belajar, pembelajaran remedial, penugasan, dan tutor sebaya

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 4818334 . Digilib
Date Deposited: 21 Mar 2017 03:58
Last Modified: 21 Mar 2017 03:58
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26086

Actions (login required)

View Item View Item