FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

AHMAD ARIF, 0913033072 (2016) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SEMESTER GANJIL DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2189Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2189Kb) | Preview

Abstrak

Prestasi belajar merupakan hasil yang didapat atau diperoleh anak didik selama mengikuti proses pembelajaran. Prestasi belajar yang dicapai anak didik merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang mempengaruhinya baik dari dalam diri maupun dari luar diri individu. Beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran di dalam kelas, antara lain materi belajar, sumber belajar, suasana kelas, dan evaluasi belajar. Faktor lain yang juga dapat mempengaruhi prestasi belajar anak didik adalah minat belajar, disiplin belajar, ketersediaan sarana belajar di sekolah, dan metode mengajar guru. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah ada pengaruh positif minat belajar, disiplin belajar, ketersediaan sarana belajar di sekolah, dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar Sejarah siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017?”. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 87 siswa.Pengumpulan data dilakukan teknik angket, dokumentasi, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh minat belajar, disiplin belajar, ketersediaan sarana belajar di sekolah, dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar Sejarah siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) = 0,695 dan koefisien determinasi (R2) = 0,483, yang berarti prestasi belajar Sejarah siswa dipengaruhi oleh minat belajar, disiplin belajar, ketersediaan sarana belajar di sekolah, dan metode mengajar guru sebesar 48,3%. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan maka hasilnya yaitu (1) Ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 sebesar 21,1%. (2) Ada pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 sebesar 18,8%. (3) Ada pengaruh ketersediaan sarana belajar di sekolah terhadap prestasi belajar Sejarah siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 sebesar 14,8%. (4) Ada pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar Sejarah siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 sebesar 20,5%. (5) Ada pengaruh minat belajar, disiplin belajar, ketersediaan sarana belajar di sekolah, dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar Sejarah siswa kelas XI IPS semester ganjil SMA Negeri 4 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 sebesar 48,3%.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 8295292 . Digilib
Date Deposited: 30 Mar 2017 05:03
Last Modified: 30 Mar 2017 05:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26102

Actions (login required)

View Item View Item