HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MODEl MIND MAPPING DENGAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN MATERI PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

Afida Afianingsih, 1313033004 (2017) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM MODEl MIND MAPPING DENGAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN MATERI PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNVIERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (52Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2176Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2176Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi dengan guru Sejarah di SMA YP Unila Bandar Lampung pada 1 September 2016, terdapat siswa yang belum mampu menyimpulkan materi dengan baik dikarenakan kurangnya pemahaman materi. Memahami materi dengan baik diperlukan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran. Salah satu cara meningkatkan kemampuan menyimpulkan materi yaitu dengan menerapkan inovasi pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Rumusan masalah penelitian ini apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan kemampuan berpikir kreatif dalam model Mind Mapping dengan kemampuan menyimpulkan materi Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA YP Unila Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian untuk mengetahui adanya hubungan positif dan signifikan kemampuan berpikir kreatif dalam model Mind Mapping dengan kemampuan menyimpulkan materi Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMA YP Unila Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian siswa XI IPS 1 menggunakan desain One-Shot Case Study. Data kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh mengunakan tes dan kemampuan menyimpulkan materi menggunakan rubrik penilaian. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil penelitian dengan analisis data kuantitatif dengan uji korelasi dan uji signifikansi product moment ditarik kesimpulan bahwa : “Terdapat hubungan yang positif dan signifikan kemampuan berpikir kreatif dalam model Mind Mapping dengan kemampuan menyimpulkan Pelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 di SMA YP Unila Tahun Ajaran 2016/2017”. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,604 termasuk kategori kuat dan hasil uji signifikan korelasi thitung = 5,51 > dari ttabel = 2,026 sehingga nilai koefisien korelasi diperoleh adalah positif dan signifikan yang berarti apabila kemampuan berpikir kreatif siswa tinggi maka kemampuan menyimpulkan akan semakin tinggi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LA History of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 1601065 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2017 07:07
Terakhir diubah: 06 Apr 2017 07:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26166

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir