PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM STRATEGI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMAN 1 SUMBERJAYA TAHUN AJARAN 2016/2017

ABDUL RAHMAN AS SYAKIR, 1313033001 (2017) PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM STRATEGI BELAJAR TUNTAS (MASTERY LEARNING)TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMAN 1 SUMBERJAYA TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1717Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1490Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan penelitian pendahuluan di SMA Negeri 1 Sumberjaya menurut guru mata pelajaran sejarah kelas XI IPS, siswa kurang aktif pada pelajaran yang sedang berlangsung sehingga banyak sekali siswa yang kurang memahami materi yang diberikan oleh guru dan akhirnya hasil belajarnyapun kurang memuaskan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan strategi belajar tuntas (mastery learning) yang menuntut agar siswa melakukan berbagai aktivitas belajar yang ada didalamnya sehingga diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa dalam strategi belajar tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberjaya tahun ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian adalah mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa dalam strategi belajar tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberjaya tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain One Shot Case Study. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji-t Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung = 5,20 > ttabel = 1,697, dari hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan aktivitas belajar siswa dalam strategi belajar tuntas (mastery learning) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumberjaya tahun ajaran 2016/2017. Kata Kunci: pengaruh, aktivitas belajar siswa, strategi belajar tuntas (mastery learning), hasil belajar

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 7766369 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2017 07:20
Last Modified: 06 Apr 2017 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26170

Actions (login required)

View Item View Item