DESKRIPSI PERCAKAPAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK DALAM MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017)

Husain Khairi, 1313021039 (2017) DESKRIPSI PERCAKAPAN MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK DALAM MEMFASILITASI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA (Penelitian Kualitatif Deskriptif pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 20 Bandarlampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (698Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (525Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan percakapan matematis siswa pada Pembelajaran Socrates Saintifik dalam memfasilitasi kemampuan ko-munikasi matematis. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMPN 20 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017. Data penelitian ini merupakan data kualitatif tentang percakapan matematis siswa yang diperoleh melalui catatan lapangan dan wawancara. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpu¬lan. Berdasarkan hasil pe-nelitian, diperoleh kesimpulan bahwa dalam percakapan matematis yang diamati, indikator kemampuan komunikasi matematis yang dominan muncul adalah ma-thematical expression. Dalam percakapan matematis tersebut, guru lebih banyak mengajukan pertanyaan Socrates bertipe klarifikasi. Tahapan Saintifik yang lebih banyak dilakukan saat percakapan matematis berlangsung adalah tahapan mengomunikasikan. Selain itu, diperoleh juga temuan lain yaitu pola karakteristik percakapan matematis Q-A-V, bentuk percakapan matematis yaitu solve and dis-cuss, step by step, dan student pairs, serta fak¬tor-faktor yang memengaruhi respon siswa dalam percakapan matematis yaitu minat belajar matematika, kepercayaan terhadap lawan bicara, dan keterlaksanaan komponen dalam berkomunikasi khususnya listening dan reading. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, percakapan matematis, Pembe-lajaran Socrates Saintifik

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 9825954 . Digilib
Date Deposited: 10 Apr 2017 02:00
Last Modified: 10 Apr 2017 02:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26176

Actions (login required)

View Item View Item