PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IV dan Kelas V Semester Genap SD Negeri 3 Rajabasa Jaya Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016)

INDRI PUSPITA, 1213024032 (2017) PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas IV dan Kelas V Semester Genap SD Negeri 3 Rajabasa Jaya Bandarlampung Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (897Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (609Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil dan pola kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV dan kelas V SD Negeri 3 Rajabasa Jaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV dan kelas V yang berjumlah 56 siswa dipilih menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan lembar observasi. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan kerjasama siswa yang diperoleh dari angket dan lembar observasi yang dianalisis dengan menghitung persentase dan diinterpretasikan kedalam tabel kriteria serta diperkuat dengan wawancara guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 3 Rajabasa Jaya termasuk dalam kriteria “tinggi” dengan persentase 70, dengan aspek kemampuan kerjasama yang tertinggi yaitu pada aspek “disiplin”. Sedangkan pola kerjasama yang terbentuk pada siswa SD Negeri 3 Rajabasa Jaya yaitu pola kerjasama spontan, pola kerjasama langsung, pola kerjasama kontrak, dan pola kerjasama tradisional. Pola kerjasama yang paling menonjol yaitu pola kerjasama kontrak yang dilakukan oleh empat kelompok. Kata kunci: Kemampuan kerjasama, Pembelajaran IPA, Pola kerjasama

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 9966941 . Digilib
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:09
Terakhir diubah: 07 Apr 2017 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26182

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir