PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas IV dan V Semester Genap SD Negeri 2 Rajabasa Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016)

SHERLY APRILLIA PUTRI , 1213024065 (2017) PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas IV dan V Semester Genap SD Negeri 2 Rajabasa Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1834Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1835Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan kerjasama siswa serta pola kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV dan V di SD Negeri 2 Rajabasa Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IV (a) dan V (b) berjumlah 94 siswa/i. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Desain penelitian yang digunakan merupakan desain deskriptif sederhana. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif diperoleh dengan instrumen berupa lembar observasi, angket siswa, wawancara guru, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan data-data yang ada berupa data kualitatif yang kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA di SD Negeri 2 Rajabasa Bandar Lampung berkriteria “tinggi” dan total skor sebesar 72,23. Dari ketiga aspek kemampuan kerjasama siswa yang paling dominan yaitu aspek “taat aturan” dengan total skor 77,49 berkriteria “tinggi”. Pola kerjasama siswa yang terbentuk terdapat empat pola kerjasama yaitu kerjasama spontan, kerjasama langsung, kerjasama kontrak dan kerjasama tradisional. Secara keseluruhan yang memiliki pola kerjasama paling dominan yaitu terdapat pada pola kerjasama “spontan” dengan total skor 5 kelompok, pola kerjasama langsung hanya terdapat 3 kelompok, pola kerjasama kontrak terdapat 2 kelompok serta pola kerjasama tradisional terdapat 2 kelompok. Kata kunci: Kemampuan Kerjasama, Pembelajaran IPA, Pola Kerjasama

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 3939723 . Digilib
Date Deposited: 07 Apr 2017 07:13
Terakhir diubah: 07 Apr 2017 07:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26183

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir