Adi Wiranata, 1313033003 (2017) PENGARUH KEMAMPUAN ANALISIS DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X IIS 3 PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 KOTAAGUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3506Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3507Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan observasi pendahuluan di SMA Negeri 2 Kotaagung, hanya terdapat 5 siswa yang memperoleh hasil belajar pada Mata Pelajaran Sejarah yang nilainya mampu melewati KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti mencoba mengembangkan kemampuan analisis siswa melalui model pembelajaran Inkuiri yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan kemampuan analisis siswa dalam model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X IIS 3 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Kotaagung tahun ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kemampuan analisis siswa dalam model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X IIS 3 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Kotaagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, dengan desain One Shot Case Study. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data yang dilakukan menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung = (3,109) > ttabel = (1,699), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kemampuan analisis siswa dalam model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X IIS 3 pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Kotaagung tahun ajaran 2016/2017.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 6799227 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 01:38 |
Terakhir diubah: | 10 Apr 2017 01:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26187 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |