PENDIDIKAN ISLAM DI HINDIA-BELANDA TAHUN 1918-1925

INDAH NUR KOMALA DEWI, 1313033039 (2017) PENDIDIKAN ISLAM DI HINDIA-BELANDA TAHUN 1918-1925. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1804Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1565Kb) | Preview

Abstrak

Sistem pendidikan Islam yang semula berlangsung secara tradisional telah mengalami perubahan yang dilatarbelakangi oleh pendidikan modern dari Belanda untuk mengadopsi beberapa sistem pendidikan modern Barat. Lembaga pendidikan Islam mengadopsi beberapa sistem pendidikan modern Barat yang dianggap baik untuk diterapkan dalam lembaga pendidikan Islam salah satunya yaitu sistem klasikal atau kelas berjenjang.Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakahperubahan yang terjadi pada sistem pendidikan Islam di Sumatra Thawalib pada tahun 1918 – 1925 ? Adapun tujuan penulis dalam penelitian ini, adalah untuk mengetahui apa saja perubahan yang terjadi pada sistem pendidikan Islam di Sumatra Thawalib pada tahun 1918–1925. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif. Hasil yang didapat oleh peneliti mengenai perubahan sistem pendidikan Islam di Sumatra Thawalib yaitu perubahan sistem pendidikan di Sumatra Thawalib terdiri dari sistem pengajaran yang diterapkan dan isi materi pelajaran yang sampaikan. Sistem pengajaran yang mulai diterapkan adalah sistem klasikal atau kelas berjenjang dan mulai memasukan materi pengetahuan umum pada pengajarannya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa perubahan sistem pendidikan Islam di Sumatra Thawalib terjadi pada sistem pengajaran dan isi materi yang diajarkan.Pendidikan yang semula masih bersifat khalaqah kemudian berubah menjadi klasikal yang mengklasifikasikan murid berdasarkan tingkat pengetahuan dan isi pendidikannya tidak lagi hanya memberikan pengajaran tentang agama, tetapi juga telah memasukan pengetahuan umum seperti berhitung, ilmu bumi, sejarah dan bahasa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 2506639 . Digilib
Date Deposited: 10 Apr 2017 03:02
Terakhir diubah: 10 Apr 2017 03:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26188

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir