CINTIA ELISA , 1213024010 (2017) MISKONSEPSI MATERI SUBSTANSI GENETIKA PADA SISWA SMA SWASTA KELAS XII SE-KECAMATAN KEDATON BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1611Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1611Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi yang terjadi pada siswa dan faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII SMA Swasta Se-kecamatan Kedaton Bandar Lampung yang berjumlah 64 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis dengan Certainty Of Respons Index (CRI) dan angket. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif untuk miskonsepsi siswa dan faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil analisis menunjukkan telah terjadi “miskonsepsi’’ pada siswa kelas XII se- Kecamatan Kedaton sebesar 50,76±2,76. Miskonsepsi tertinggi terjadi pada konsep DNA dengan kriteria “tinggi” dan rata-rata 58,56±1,78. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa dipengaruhi oleh faktor minat belajar siswa dan metode ajar yang digunakan. Ada tiga hal yang mendukung bahwa siswa mengalami miskonsepsi yakni rendahnya minat belajar siswa yaitu tidak memiliki sumber pustaka yang beragam, siswa jarang belajar iii setiap akan memulai pelajaran dan siswa jarang mengulang pelajaran yang sudah diajarkan dirumah. Ditemukan korelasi dengan arah korelasi berlawan arah antara minat belajar dengan miskonsepsi siswa, yaitu semakin rendah minat belajar siswa, maka miskonsepsi siswa akan semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Kata Kunci: miskonsepsi,Certainty Of Respons Index (CRI), substansi genetika.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 2078038 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 06:42 |
Terakhir diubah: | 10 Apr 2017 06:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26191 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |