PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PUNGGUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BELLA PRATIWI UTAMI, 1213033014 (2017) PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 PUNGGUR TAHUN PELAJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2071Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1704Kb) | Preview

Abstrak

Pembelajaran yang aktif dan interaktif adalah hal yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran, diharapkan akan tumbuh dan berkembang potensi siswa dan mengoptimalkan hasil belajar. Salah satu model yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Model pembelajaran ini lebih menekankan pada interaksi dalam lingkungan kelas dan pemahaman materi yang diajarkan guru dengan menjawab soal-soal sehingga siswa dapat aktif dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Ada Peningkatan Hasil Belajar Siswa Setelah Menggunakan Model Quantum Teaching pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidak peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan model Quantum Teaching pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Punggur, dengan sampel adalah kelas XI IPS 1 yang terdiri dari 30 siswa. Adapun alat ukur yang digunakan peneliti yaitu tes soal objektif sebanyak 16 butir soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif yaitu dengan melihat hasil data test dari populasi yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa dengan penerapan model pembelajaran Quantum teaching pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Punggur. Terlihat dari 30 siswa yang mengikuti 3 kali test ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa, test pertama sebanyak 11 siswa (36,6%) yang nilainya mampu mencapai >71,00, test kedua sebanyak 16 siswa (53,33%) yang nilainya mampu mencapai >71,00, dan test ketiga sebanyak 24 siswa (80%) yang nilainya mampu mencapai >71,00.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 6248599 . Digilib
Date Deposited: 11 Apr 2017 07:30
Last Modified: 11 Apr 2017 07:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26211

Actions (login required)

View Item View Item