PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) TERHADAP MORFOLOGI NORMAL DAN VIABILITAS SPERMATOZOA MENCIT JANTAN (Mus musculus L.)YANG DIPAPAR ASAP OBAT ANTI NYAMUK BAKAR

YULIANA SARI, 1317021086 (2017) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK JAHE MERAH (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) TERHADAP MORFOLOGI NORMAL DAN VIABILITAS SPERMATOZOA MENCIT JANTAN (Mus musculus L.)YANG DIPAPAR ASAP OBAT ANTI NYAMUK BAKAR. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1228Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1133Kb) | Preview

Abstrak

Infertilitas merupakan kondisi yang umum ditemukan dan dapat disebabkan oleh faktor perempuan, laki-laki, maupun keduanya. Pemanfaatan tanaman rempah-rempah merupakan salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan kualitas spermatozoa pada hewan jantan. Allethrin merupakan bahan aktif dari golongan obat anti nyamuk yang dapat menyebabkan karsinogen dan toksisitas terjadinya infertilitas. Jahe merah (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) merupakan tumbuhan yang memiliki banyak khasiat di berbagai aspek serta memiliki pengaruh yang baik sebagai antioksidan terhadap sel spermatozoa pada mencit (Mus musculus L.) yang dipapar obat nyamuk bakar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemberian ekstrak jahe merah yang meliputi morfologi dan viabilitas spermatozoa mencit. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap, menggunakan 25 ekor mencit jantan yang dibagi dalam 5 kelompok yaitu Kontrol Normal, K+ (diberikan allethrin 129 menit/hari selama 35 hari), P1, P2 dan P3 (diinduksi allethrin 129 menit/hari selama 18 hari dan ekstrak jahe merah dengan dosis berturut-turut 6mg/gr BB, 12 mg/gr BB, 24mg/gr BB selama 17 hari). Parameter yang diamati dalam penelitian ini meliputi morfologi normal dan spermatozoa hidup pada mencit (Mus musculus L.). Data dianalisis menggunakan Analisis of Variance (ANOVA). Apabila ada perbedaan nyata akan dilanjutkan menggunakan uji BNT ( beda nyata terkecil ) taraf 5% sebagai perbandingan dari masing-masing perlakuan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak jahe merah (Zingiber officinale Roxb. var. Rubrum) pada dosis 24mg/grBB dapat meningkatkan morfologi spermatozoa normal dan viabilitas spermatozoa setelah terpapar asap obat anti nyamuk bakar. Kata kunci : infertilitas, allethrin, jahe merah, mencit (Mus musculus L.)

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General)
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Depositing User: 2139861 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2017 03:01
Last Modified: 20 Apr 2017 03:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26264

Actions (login required)

View Item View Item