PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 ANAK TUHA LAMPUNG TENGAH

SUHANDA , 1113033060 (2017) PENGARUH PEMBERIAN PENGUATAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 2 ANAK TUHA LAMPUNG TENGAH. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2736Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2737Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kedudukan guru sangat penting dalam pendidikan bertolak dari tugas dan tanggung jawab guru yang cukup berat untuk mencerdaskan anak didiknya. Untuk menjadi guru yang professional diperlukan adanya keterampilan dasar mengajar, keterampilan dasar mengajar bagi seorang guru sebagai penunjang untuk keberhasilan dia dalam proses pembelajaran, maka guru harus menguasai salah satu dari keterampilan dasar mengajar yaitu pemberian penguatan (reinforcement) dalam proses pembelajaran. Melalui pemberian penguatan yang diberikan guru, maka siswa akan merasa terdorong untuk memberikan respon setiap muncul stimulus dari guru, atau siswa akan berusaha menghindari respon yang dianggap tidak bermanfaat. Penguatan juga berguna untuk mendorong siswa memperbaiki tingkah lakunya dan meningkatkan kerjanya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang signifikan pemberian penguatan verbal positif dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Anak Tuha”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “apakah ada pengaruh yang signifikan Pemberian Penguatan Verbal Positif Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Anak Tuha Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016”. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data kuantitatif dengan dilakukan uji normalitas dan uji analisis menggunakan uji theta dan uji kai kuadrat. Berdasarkan hasil hitung dengan menggunakan uji theta sebesar 0,40625 dengan kategori cukup dan uji kai kuadrat diperoleh 11,85. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pemberian penguatan verbal positif dalam proses pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 2 Anak Tuha Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LA History of education
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 5815713 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:33
Terakhir diubah: 20 Apr 2017 02:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26278

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir