PENGARUH PENATAAN FORMASI TEMPAT DUDUK U TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IIS SMAN 3 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016.

Anisa Luwesty, 1113033008 (2017) PENGARUH PENATAAN FORMASI TEMPAT DUDUK U TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS X IIS SMAN 3 KOTABUMI LAMPUNG UTARA TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN LMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2309Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1805Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pada proses pembelajaran terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses belajar siswa, salah satu faktor yang mempengaruhi belajar siswa adalah motivasi belajar. Motivasi belajar sangatlah penting untuk keberhasilan belajar, namun pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam belajar. Dalam hal ini perlu adanya usaha-usaha guna meningkatkan motivasi belajar tersebut, salah satunya dengan penataan formasi tempat duduk siswa. Formasi tempat duduk banyak jenisnya, salah satunya adalah formasi tempat duduk U, dengan formasi ini diharapkan siswa tidak jenuh dalam pembelajaran dan lebih aktif karena adanya variasi dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penataan formasi tempat duduk “U” terhadap motivasi belajar pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X IIS 3 di SMAN 3 Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan penataan formasi tempat duduk “U” terhadap motivasi belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Siswa kelas X IIS 3 SMAN 3 Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji theta.dan kai kuadrat Berdasarkan hasil hitung dengan menggunakan uji theta sebesar 0,5605 dengan kategori cukup dan uji kai kuadrat diperoleh 20,98. Maka dapat simpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan Penataan Formasi Tempat Duduk “U” Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaranb Sejarah Siswa Kelas X IIS 3 SMA Negeri 3 Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini berarti semakin sering di gunakan formasi penataan tempat U maka motivasi belajar siswa akan semakin meningkat. Pengaruh ini signifikan yang berarti kebenaran nya tidak haya berlaku untuk sampel penelitian saja tetapi juga berlaku untuk populasi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 0389782 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2017 02:32
Terakhir diubah: 20 Apr 2017 02:32
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26279

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir