HIDAYATULLAH, 1013053058 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION KELAS IV C SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (376Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (193Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (326Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (821Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (836Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (213Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (255Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (607Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (58Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION KELAS IV C SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Oleh Hidayatullah Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV C SD Negeri 8 Metro Timur yang diketahui dari hasil observasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV C SD Negeri 1 Metro Timur pada mata pelajaran tematik menggunakan model explicit instruction. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model explicit instruction pada pembelajaran tematik di kelas IV C SD Negeri 8 Metro Timur dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I 55,16% (cukup aktif) dan pada siklus II 87,5% (sangat aktif), terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 33,34%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I 62,5% (cukup) dan pada pada siklus II 95,83% (sangat tinggi), terjadi peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dari siklus I ke siklus II sebesar 33,33%. Kata kunci: Model Explicit Instruction, Aktivitas, Hasil Belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 218019 . Digilib |
Date Deposited: | 16 Aug 2014 06:23 |
Terakhir diubah: | 16 Aug 2014 06:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2632 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |