PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS II SD TUNAS HARAPAN BANDAR LAMPUNG

YENNI ABDULLAH, 1313093146 (2017) PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS II SD TUNAS HARAPAN BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2060Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2061Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi karena beberapa permasalahan siswa dalam belajar. Hal ini didasarkan pada data awal sebelum dilakukan penelitian, peneliti melihat data dari hasil nilai ujian tengah semester, terdapat hasil belajar siswa pada bidang studi IPS dikelas II SD Tunas Harapan Bandar Lampung masih rendah. Hal inilah sebagai alasan bagi peneliti untuk melakukan penelitian pada bidang studi IPS dikelas II SD Tunas Harapan Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS siswa kelas II SD Tunas Harapan Bandar Lampung menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan langkah-langkah sebagai berikut : guru menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario, guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang, guru memanggil siswa yang sudah ditunjuk untuk melakukan skenario yang sudah dipersiapkan, masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario sedang diperagakan, masing-masing kelompok mengidentifikasi isi skenario yang diperankan yang berisi tentang peran anggota keluarga, dan masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode bermain peran dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan pencapaian aktifitas belajar siswa siklus 1 adalah 78,13 % pada siklus 2 meningkat menjadi 90,63%. Ketuntasan belajar anak pada siklus 1 mencapai 78% dan siklus 2 meningkat menjadi 90,36%. Kata kunci : Aktivitas, Hasil belajar IPS, Metode bermain peran.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 0225526 . Digilib
Date Deposited: 21 Apr 2017 07:17
Terakhir diubah: 21 Apr 2017 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26342

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir