EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA

YUKE AGUSTIN, 1313023092 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1047Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (920Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandarlampung semester ganjil Tahun Pelajar-an 2016/2017 dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6. Pengambilan sampel dilakukan dengan dengan teknik purposive sampling. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Matching-Only-Pretest-Posttest Control Group. Efektivitas pendekatan saintifik ditinjau dari beberapa aspek, yaitu peningkatan nilai aktivitas dan kinerja siswa pada kelas eksperimen serta perbedaan rata-rata n-Gain¬ yang signifikan antara kelas kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai aktivitas dan kinerja siswa pada kelas eksperimen mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan rata-rata n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen se-besar 0,17 dan 0,72. Berdasarkan pengujian hipotesis, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, laju reaksi, pendekatan saintifik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 0211793 . Digilib
Date Deposited: 25 Apr 2017 06:24
Terakhir diubah: 25 Apr 2017 06:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26366

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir