PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V C SD NEGERI 6 METRO BARAT

FIKRI HADINATA, 1113053041 (2016) PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V C SD NEGERI 6 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2310Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1685Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V C SD Negeri 6 Metro Barat pada pembelajaran IPS yakni 16 siswa (55,20%) dari 29 siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan belajar berdasarkan KKM yang telah ditentukan yaitu 65. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model problem posing. Jenis penelitian ini adalah (PTK) penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam III siklus, dengan tahapan setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kinerja guru pada siklus I yaitu 50,00 dengan kategori baik, pada siklus II menjadi 63,51 dengan kategori baik, pada siklus III menjadi 83,44 kategori sangat baik. Aktivitas siswa siklus I yaitu 51,39 dengan kategori cukup aktif, pada siklus II menjadi 65,51 kategori aktif, pada siklus III menjadi 76,85, dengan kategori sangat aktif. Nilai hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 61,21 dengan kategori sedang, pada siklus II menjadi 69,31, kategori tinggi, kemudian pada siklus III menjadi 79,66, dengan kategori tinggi. Penerapan model problem posing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: model problem posing, aktivitas, hasil belajar, IPS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 17362529 . Digilib
Date Deposited: 25 Apr 2017 08:09
Terakhir diubah: 25 Apr 2017 08:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26373

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir