EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 9 BandarLampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

DINI ARRUM PUTRI , 1313021026 (2017) EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 9 BandarLampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (926Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode discovery learning ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan design post test only control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang diambil dengan teknik purposive sampling yaitu mengambil dua kelas dari populasi yang ada untuk digunakan sebagai sampel. Data penelitian berupa data kuantitatif yang dicerminkan oleh hasil nilai posttest kemampuan pemecahan masalah matematis. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran discovery tidak lebih tinggi dari pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian pembelajaran discovery tidak efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Kata kunci: discovery learning, efektivitas, kemampuan pemecahan masalah matematis.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 36817659 . Digilib
Date Deposited: 26 Apr 2017 03:18
Last Modified: 26 Apr 2017 03:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26388

Actions (login required)

View Item View Item