PERANAN PERMAINAN GOBAG SODOR UNTUK MENINGKATKAN CIVIC SKILLS SISWA DI SD NEGERI 3 KARANG ANYAR JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

(Yesi Surya Resit, 1313032094 (2017) PERANAN PERMAINAN GOBAG SODOR UNTUK MENINGKATKAN CIVIC SKILLS SISWA DI SD NEGERI 3 KARANG ANYAR JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1171Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1110Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan permainan gobag sodor untuk meningkatkan civic skills siswa di SD Negeri 3 Karang Anyar Jati Agung Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode dekriptif kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling dengan peneliti sebagai instrumen kunci. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : permainan gobag sodor berperan baik dalam meningkatkan civic skills siswa yaitu peningkatan keterampilan intelektual, keterampilan sosial dan keterampilan partisipatif siswa. Permainan gobag sodor membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan dan siswa mendapatkan nilai-nilai yang ada dalam permainan gobag sodor melalui pengalaman langsung. Selain meningkatkan Civic Skills siswa yang dapat menunjang prestasi belajar dan kehidupan sosial siswa juga dapat membantu melestarikan permainan tradisional yang ada di Indonesia. Saran untuk orang tua agar membantu megarahkan anak dalam bermain dan belajar. Untuk siswa agar tetap memainkan permainan tradisional yang sudah jarang dimainkan. Untuk guru agar dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Bagi pemerintah agar membantu melestarikan permainan tradisional agar tetap menjadi warisan budaya dan dimainkan dari generasi ke generasi. Kata kunci : peranan, permainan, gobag sodor, civic skills

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: J Political Science > JC Political theory
L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi PPKN
Depositing User: 1482807 . Digilib
Date Deposited: 27 Apr 2017 01:56
Last Modified: 27 Apr 2017 01:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26431

Actions (login required)

View Item View Item