SIKAP DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KONSUMSI MAKANAN PECEL LELE DI DUA RUMAH MAKAN KOTA BANDAR LAMPUNG

DENI YUDA PRATAMA, 1114131023 (2017) SIKAP DAN KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KONSUMSI MAKANAN PECEL LELE DI DUA RUMAH MAKAN KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1217Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1631Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1346Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1346Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, sikap dan kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut rumah makan dan pecel lele serta tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan rumah makan yang menyajikan pecel lele. Penelitian ini dilaksanakan di rumah makan MP Asli Hang Dihi dan rumah makan Ibu Safe’i yang berada di kota Bandar Lampung. Pengambilan data dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 2016 dengan menggunakan metode survey dengan 60 orang konsumen. Analisis data menggunakan Multiatribut Fishbein untuk sikap konsumen dan CSI (Custumer Satisfaction Index) untuk menghitung tingkat kepuasan konsumen. Konsumen kedua rumah makan melakukan pembelian terakhir kali <1 bulan dengan rentang usia 17-21 tahun, dan tingkat pendidikan Sarjana (S1). Pendapatan konsumen rumah makan MP Asli Hang Dihi berkisar Rp300.000-Rp700.000 per bulan, sedangkan konsumen rumah makan Ibu Safe’i perpendapatan antara Rp800.000-Rp1500.000 per bulan. Pekerjaan sebagian besar konsumen kedua rumah makan adalah pelajar atau mahasiswa yang sumber pendapatannya berasal dari kedua orang tua. Konsumen rumah makan Ibu Safe’i memberikan nilai sikap 40,9 sedangkan konsumen rumah makan MP Asli Hang Dihi memberikan nilai sikap 37,9. Tingkat kepuasan konsumen rumah makan Ibu Safe’I sebesar 71,52% dan rumah makan MP Asli Hang Dihi sebesar 70,50%, keduanya dalam kategori puas. Atribut rumah makan yang mendapatkan tingkat kepentingan, kepercayaan dan kepuasaan konsumen tertinggi adalah atribut rasa. Kata kunci : kepuasan, konsumen, pecel lele, rasa, sikap, ATTITUDE AND CUSTOMER SATISFACTION ON FOOD CONSUMPTION PECEL LELE IN BANDAR LAMPUNG This study aimed to investingate the consumers’ characteristics, attitudes and satisfaction toward attributes of “pecel lele” and the level of consumer’s satisfaction on the restaurant services. This research was conducted at two restaurants, namely MP Asli Hang Dihi and Ibu Safe'i, in Bandar Lampung City. The data was collected in January-March 2016 by a survey method and involving 60 respondents. The data of consumers’ attitudes was analyzed by Fishbein Multiatribute, whereas the level of consumers’ satisfaction was calculated by Customer Satisfaction Index (CSI). The result showed that consumers of both restaurants were 17-21 years old, most ot them were students of Bachelor (S1) and had monthly income or allowance from their parents ranging from Rp300,000 to Rp700,000 (at MP Asli Hang Dihi) and from Rp800,000 to Rp1500,000 (at Ibu Safe'i). The score of consumers’ attitudes toward”pecel lele” at Ibu Safe'i was 40.9, while at MP Hang Dihi was 37.9. The level of consumer satisfaction index toward the restaurant services of Ibu Safe'i was 71.52% and of MP Hang Dihi was 70.50%. Attributes restaurants are getting the level of interest, trust and the highest customer satisfaction was the attribute of flavor. Keywords: attitudes, consumer, pecel catfish, satisfaction, taste

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Pertanian > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian > Prodi Agribisnis
Depositing User: 87502634 . Digilib
Date Deposited: 27 Apr 2017 07:00
Last Modified: 27 Apr 2017 07:00
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26432

Actions (login required)

View Item View Item