PERBANDINGAN MORALITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MORAL REASONING DENGAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DENGAN MEMPERHATIKAN POLA ASUH ORANG TUA

ETI SETIAWATI, 1523031002 (2017) PERBANDINGAN MORALITAS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN MORAL REASONING DENGAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DENGAN MEMPERHATIKAN POLA ASUH ORANG TUA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (227Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2629Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3686Kb)

Abstrak

ABSTARK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Moral Reasoning dan Value Clarification Technique dengan memperhatikan pola asuh orang tua otoriter dan permisif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIa, VII b, dan VII c, sampel diambil 2 kelas dengan teknik cluster random sampling yaitu kelas VII a sebagai kelas eksperimen dan VII b sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat perbedaan moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model moral reasoning dengan yang menggunakan model Value Clarification Technique. (2) Terdapat perbedaan moralitas antara siswa yang diasuh dengan pola asuh orang tua otoriter dengan pola asuh orang tua permisif. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan pola asuh orang tua terhadap moralitas siswa. (4) Moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model moral reasoning lebih tinggi daripada model VCT bagi siswa yang pola asuh orang tuanya otoriter. (5) Moralitas siswa yang pembelajarannya menggunakan model VCT lebih tinggi dari pada model moral reasoning pada pola asuh orang tua permisif. (6) Moralitas siswa yang pola asuh orang tuanya otoriter lebih tinggi dibandingkan yang pola asuh orang tuanya permisif dengan yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran moral reasoning. (7) Moralitas siswa yang pola asuhnya otoriter lebih tinggi dibandingkan moralitas siswa dengan pola asuh permisif dengan menggunakan model VCT. Kata kunci: moralitas, model moral reasoning, model value clarification technique dan pola asuh orang tua. ABSTRACT The objective of this research was to find out the students’ morality differences between those who used Moral Reasoning and Value Clarification Technique (VCT) learning models by considering authoritarian and permissive parenting patterns. Population was students in classroom VII a, VII b, and VII c. 2 classroom samples of classroom VII a as experiment classroom and VII b as control were taken with cluster random sampling. This was a quasi-experiment research with desain ekxperiment is desain factorial. Data were collected with observations and questionnaires. Hypothesis was tested by using two paths variance analysis and t-test with two independent samples. The results showed were that: (1) there were students’ morality differences between those students using moral reasoning learning model and those students using VCT. Students using moral reasoning model showed higher moralities than those students using VCT; (2) students with authoritarian parenting pattern showed higher moralities that those students with permissive parenting pattern; (3) there were interactions of learning models and parenting patterns to students’ moralities; (4) students using moral reasoning model showed higher moralities that those students using VCT in authoritarian parenting pattern; (5) students using VCT showed higher moralities than those students using moral reasoning model in permissive parenting pattern; (6) students with authoritarian parenting pattern showed higher moralities than those students with permissive parenting pattern in moral reasoning learning model; (7) students with authoritarian parenting pattern showed higher moralities than those students with permissive parenting pattern in VCT model. Keywords : morality, moral reasoning model, value clarification technique model, parenting pattern.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 50167118 . Digilib
Date Deposited: 27 Apr 2017 03:10
Terakhir diubah: 27 Apr 2017 03:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26438

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir