Maya Putri, 1213033053 (2017) PERAN K.H AHMAD DAHLAN DALAM PEMBENTUKAN SEKOLAH MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA TAHUN 1911-1922. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1614Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1470Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Islam diperkirakan memiliki kontak Indonesia dengan Islam sudah terjadi sejak abad 7 M salah satu saluranya adalah pendidikan. Salah satu tokoh perjuang pendidikan islam adalah K.H Ahmad Dahlan Perjuangangan tak kenal lelahnya menghasilkan sebuah sekolah bernama Muhammadiyah di Yogyakarta. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa sajakah peran normatif K.H Ahmad Dahlan dalam pembentukan sekolah Muhammadiyah di Yogyakrtaa Tahun 1911- 1922?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, memaparkan dan menjelaskan apa sajakah peran normatif K.H Ahmad Dahlan dalam pembentukan sekolah Muhammadiyah di Yogyakrta Tahun 1911- 1922. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis dengn teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data, digunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis mengenai Peran K.H Ahmad Dahlan dalam pembentukan sekolah Muhammdiyah di Yogyakarta tahun 1911-1922, dapat dijelaskan bahwa usaha awal K.H Ahmad Dahlan dimulai dengan membentuk lembaga pada tahun 1911. K.H Ahmad Dahlan membentuk sekolah dengan sistem klasikal. Kemudian beliau mengubah tujuan pendidikan sekolah Muhammadiyah memiliki tujuan sejak dibentuk pada tahun 1911 dan tahun 1912 mengalami perubahan. K.H Ahmad Dahlan mengubah kurikulum menjadi kurikulum yang mengabungkan Gubermen dan pesantren dimana mata pelajaran agama islam dimuat kedalam sekolah tersebut dan akhirnya menjadi percontohan dalam mata pelajaran secara umum seperti sekarang. Dapat disimpulkan, peran normatif yang dilakukan K.H Ahmad Dahlan sangatlah besar sebagai pembentuk sekolah Muhhamdiyah di Yogyakarta tahun 1911-1922.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LA History of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 14709723 . Digilib |
Date Deposited: | 28 Apr 2017 07:57 |
Terakhir diubah: | 28 Apr 2017 07:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26449 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |