PERAN K.H AHMAD DAHLAN DALAM PEMBENTUKAN SEKOLAH MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA TAHUN 1911-1922.

Maya Putri, 1213033053 (2017) PERAN K.H AHMAD DAHLAN DALAM PEMBENTUKAN SEKOLAH MUHAMMADIYAH DI YOGYAKARTA TAHUN 1911-1922. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1614Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1470Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Islam diperkirakan memiliki kontak Indonesia dengan Islam sudah terjadi sejak abad 7 M salah satu saluranya adalah pendidikan. Salah satu tokoh perjuang pendidikan islam adalah K.H Ahmad Dahlan Perjuangangan tak kenal lelahnya menghasilkan sebuah sekolah bernama Muhammadiyah di Yogyakarta. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apa sajakah peran normatif K.H Ahmad Dahlan dalam pembentukan sekolah Muhammadiyah di Yogyakrtaa Tahun 1911- 1922?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, memaparkan dan menjelaskan apa sajakah peran normatif K.H Ahmad Dahlan dalam pembentukan sekolah Muhammadiyah di Yogyakrta Tahun 1911- 1922. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode historis dengn teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data, digunakan teknik analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis mengenai Peran K.H Ahmad Dahlan dalam pembentukan sekolah Muhammdiyah di Yogyakarta tahun 1911-1922, dapat dijelaskan bahwa usaha awal K.H Ahmad Dahlan dimulai dengan membentuk lembaga pada tahun 1911. K.H Ahmad Dahlan membentuk sekolah dengan sistem klasikal. Kemudian beliau mengubah tujuan pendidikan sekolah Muhammadiyah memiliki tujuan sejak dibentuk pada tahun 1911 dan tahun 1912 mengalami perubahan. K.H Ahmad Dahlan mengubah kurikulum menjadi kurikulum yang mengabungkan Gubermen dan pesantren dimana mata pelajaran agama islam dimuat kedalam sekolah tersebut dan akhirnya menjadi percontohan dalam mata pelajaran secara umum seperti sekarang. Dapat disimpulkan, peran normatif yang dilakukan K.H Ahmad Dahlan sangatlah besar sebagai pembentuk sekolah Muhhamdiyah di Yogyakarta tahun 1911-1922.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LA History of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 14709723 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:57
Terakhir diubah: 28 Apr 2017 07:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26449

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir