ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN LADA HITAM DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Suwanto, 1424021011 (2017) ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN LADA HITAM DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
2. TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2135Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. TESIS TANP BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1815Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

1)1) Mahasiswa Pascasarjana Magister Agribisnis Universitas Lampung 2) Dosen Program Pascasarjana Magister Agribisnis Universitas Lampung ABSTRAK ANALISIS DAYA SAING DAN PEMASARAN LADA HITAM DI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR Oleh Suwanto1, Ali Ibrahim Hasyim2, dan M. Irfan Affandi2 Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menganalisis keunggulan kompetitif dan komparatif lada hitam di Kabupaten Lampung Timur, (2) menganalisis efisiensi pemasaran lada hitam di Kabupaten Lampung Timur. Penelitian dilakukan di Kecamatan Margatiga dan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur pada bulan Oktober – Desember 2015. Jumlah sampel sebanyak 95 responden petani, 5 orang pedagang pengumpul I, 3 orang pedagang pengumpul II dan 1 orang Eksportir. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh dari wawancara langsung dan dari instansi terkait. Untuk menjawab tujuan pertama digunakan analisis Policy Analysis Matrix (PAM) sedangkan untuk menjawab tujuan kedua menggunakan analisis kualitatif (deskriptif) dan analisis kuantitatif (statistik). Analisis kualitatif untuk digunakan untuk mengetahui saluran pemasaran dan organisasi pasar, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk mengetahui marjin pemasaran, elastisitas transmisi harga, serta analisis regresi dan korelasi harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) usahatani lada hitam di Kabupaten Lampung Timur memiliki keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif dengan nilai PCR (Private Cost Ratio) sebesar 0,5524 dan nilai DRCR(Domestic Resource Cost Ratio) sebesar 0,6503 sehingga layak dan menguntungkan untuk diusahakan. (2) saluran pemasaran lada hitam di Kabupaten Lampung Timur terdiri dari tiga saluran pemasaran dengan sistem pemasaran cenderung efisien yang ditandai dengan producer’s share relatif besar (≥ 85,38 persen), koefisien korelasi harga bernilai 0,996 (r mendekati 1) dan elastisitas transmisi harga bernilai 0,98676 (Et mendekati 1) maka sistem pemasaran lada hitam di Lampung Timur mengarah kepada pasar bersaing sempurna dengan struktur pasar oligopsoni. Kata kunci : daya saing, efisiensi pemasaran, lada hitam, 1)1) Mahasiswa Pascasarjana Magister Agribisnis Universitas Lampung 2) Dosen Program Pascasarjana Magister Agribisnis Universitas Lampung ANALYSIS OF COMPETITIVENESS AND MARKETING BLACK PEPPER COMMODITIES (Pipper ningrum L.) IN LAMPUNG TIMUR REGENCY By Suwanto1, Ali Ibrahim Hasyim2, dan M. Irfan Affandi2 The purpose of this study was (1) to analyze the competitive and comparative advantages of Black Pepper in Lampung Timur regency, (2) to analyze of marketing efficiensies Black Pepper commodities in Lampung Timur regency. This research is done at Margatiga's district and Sukadana's district, Lampung Timur Regency on October to December 2015. Total sample as much 95 farmer respondents, 5 intermediate trader I, 3 intermediate trader II and 1 Exporter trader. The type of data used are primary data and secondary data obtained trought from direct interview and departments or agencies that concerning. To answer to first objective analysis used the Policy Analysis Matrix (PAM), meanwhile to answer the second objective analysis used qualitatif analysis (descriptive) and quantitative analysis (statistic). Qualitatif analysis used to know marketing channels and market organization, meanwhile quantitative analysis are used to know marketing margin, price transmission elastiicity, regression and price correlation. The results of the research said that: (1) black peppers farming in Lampung Timur Regency have competitive and comparative advantage with value of PCR( Private Cost Ratio ) equal to 0,5524 and value of DRCR( Domestic Resource Cost Ratio ) equal to 0,6503 so it is quite feasible for cultivated. (2 ) black pepper marketing channels in Lampung Timur Regency have three marketing channels with marketing system is efficient category that shows by producer’s share more than 85,38 percents, price correlation coefficient (r) 0,996 (r nearly 1) and price transmission elasticity (Et) 0,98676 (Et nearly 1) therefore black pepper marketing system at Lampung Timur Regency aims to perfect competing market with oligopsoni's market structure. Keywords: competitiveness, marketing efficiency and black pepper

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Magister Agribisnis
Pengguna Deposit: 61858506 . Digilib
Date Deposited: 27 Apr 2017 08:57
Terakhir diubah: 27 Apr 2017 08:57
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26464

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir