PENGARUH FILTER UDARA BERBAHAN ZEOLIT DAN FLY ASH (BATUBARA) AKTIVASI NaOH-FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH

AJITO SURANCOYO , 1215021010 (2017) PENGARUH FILTER UDARA BERBAHAN ZEOLIT DAN FLY ASH (BATUBARA) AKTIVASI NaOH-FISIK TERHADAP PRESTASI MESIN SEPEDA MOTOR 4 LANGKAH. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1564Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1565Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Menurut menteri ESDM Ignasius Jonan menyatakan cadangan minyak Indonesia saat ini 3,6 miliar, dari cadangan saat ini dibandingkan dengan tingkat produksi pemakaiannya, minyak Indonesia hanya bertahan hingga tahun 2028. Kemudian menurut Direktur Jenderal MIGAS I.G.N Wiratmaja Puja bahwa cadangan minyak tahun 2016 merupakan yang terendah sejak tahun 2000. Sehingga perlu dilakukannya upaya penghematan pemakaian bahan bakar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara memanfaatkan zeolit dan fly ash sebagai filter udara kendaraan. Karena zeolit dan fly ash memiliki kemampuan dalam menangkap gas nitrogen dan uap air dalam udara, sehingga hanya gas oksigen yang masuk ke dalam ruang bakar. Oleh karena itu diharapkan proses pembakaran semakin optimal dan prestasi mesin semakin baik. Sebelum digunakan zeolit dan fly ash perlu dilakukan aktivasi NaOH untuk membersihkan zat pengotor. Kemudian dibuat dalam bentuk pelet lalu diaktivasi fisik untuk menghilangkan uap air pada pori-pori. Pelet tersebut disusun menyerupai filter dan diletakkan di depan filter udara kendaraan. Komposisi campuran zeolit dan fly ash yang digunakan komposisi zeolit 100%:fly ash 0% (Z100:F0), zeolit 75%:fly ash 25% (Z75:F25), zeolit 50%:fly ash 50% (Z50:F50), zeolit 25%:fly ash 75% (Z25:F75) dan zeolit 0%:fly ash 100% (Z0:F100). Temperatur pengovenan pelet yang digunakan 150ºC, 175ºC, 200ºC, 225ºC. Konsentrasi kimia yang digunakan normalitas 0,25N; 0,5N; 0,75N; 1N; 1,5N; 2N. Penelitian ini menggunakan beberapa variasi pengujian yaitu uji jalan, uji akselerasi, uji stasioner dan uji emisi gas buang. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi normalitas terbaik, temperatur terbaik serta komposisi campuran zeolit dan fly ash terbaik terhadap prestasi motor bensin 4 langkah. Pada uji jalan filter terbaik diperoleh pada campuran Z50:F50 1N 100°C sebesar 8,2% (lebih hemat 7,4ml). Pada uji akselerasi filter terbaik diperoleh pada campuran Z100:F0 2N 225°C sebesar 14,43% (lebih cepat 2,57s). Pada pengujian stasioner filter terbaik diperoleh pada campuran Z100:F0 2N 225°C dengan total keseluruhan persentase sebesar 49,82% (lebih hemat 9,7ml). Pada uji emisi filter terbaik dalam menurunkan kadar gas CO pada campuran Z25:F75 2N 225°C dengan keseluruhan persentase sebesar 11,03% (lebih sedikit 0,051%) filter terbaik dalam menurunkan kadar gas HC pada campuran Z50:F50 2N 225°C dengan keseluruhan data sebesar 19,23% (lebih sedikit 5ppm) dan filter terbaik menaikan kadar gas CO2 pada campuran Z75:F25 2N 225°C dengan keseluruhan persentase sebesar 0,06% (lebih banyak 0,04%). Kata kunci : Filter udara zeolit dan fly ash, aktivasi NaOH, prestasi mesin

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Teknik mesin dan mesin
> Teknik mesin dan mesin
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Mesin
Pengguna Deposit: 9481385 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2017 06:36
Terakhir diubah: 28 Apr 2017 06:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26486

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir