PEMBELAJARAN MENULIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LEMONGTAHUN PELAJARAN 2016/2017

RATIH FINARSIH, 1213041070 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 LEMONGTAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1648Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1649Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran menulis pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Lemong pelajaran 2016/2017. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis yang difokuskan pada perancangan, pelaksanaan yang meliputi aktivitas guru dan siswa, dan penilaian pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari RPP, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif, yakni analisis yang dilakukan secara berulang dan berkesinambungan sebagai sebuah rangkaian kegiatan yang saling berkaitan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa guru melakukan tiga tahapan pembelajaran menulis yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Padatahap perencanaan pembelajaran guru membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran berdasarkan komponen-komponen sesuai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Pada tahap pelaksanaan pembelajaran guru melakukan tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru sudah melakukan semua indikator kecuali menyampaikan manfaat pembelajaran. Pada kegiatan inti guru menggunakan keterampilan menjelaskan, keterampilan bertanya, dan keterampilan menguasai kelas. Guru menggunakan media pembelajaran berupa papan tulis dan sumber belajar buku teks Bahasa Indonesia. Guru menggunakan berbagai metode pembelajaran diantaranya metode ceramah, metode bertanya, tanya jawab, dan metode penugasan. Pada kegiatan penutup guru tidak melakukan dua indikator yaitu tidak melakukan refleksi atau rangkuman yang melibatkan siswa, dan tidak memberikan tes lisan maupun tertulis. Namun, guru sudah melakukan kegiatan mengumpulkan hasil kerja dan melaksanakan tindak lanjut atau arahan untuk kegiatan selanjutnya. Pada tahap penilaian pembelajaran guru melakukan penilaian autentik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> P Philology. Linguistics
> PN Literature (General)
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 22995628 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2017 06:45
Terakhir diubah: 28 Apr 2017 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26493

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir