UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR BHAKTI IBU LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FITRI , 1413093012 (2017) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR BHAKTI IBU LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1949Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1181Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Bhakti Ibu Lampung Selatan. Hasil belajar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan sebesar 65. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan model pembelajaran tipe STAD. Penelitian ini menggunakan motode Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini berlangsung dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan pengumpulan data menggunakan deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes hasil belajar. Analisis data dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV dari siklus I sampai siklus II. Hasil belajar siswa yang diperoleh (1) Terdapat peningkatan aktivitas belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas IV SD Bhakti Ibu setiap siklusnya. (2) Terdapat peningkatan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Bhakti Ibu setiap siklusnya, hal ini sesuai dengan nilai hasil belajar yang telah diperoleh siswa pada siklus I sampai siklus II, dimana nilai rata-rata siklus I meningkat pada siklus II sehingga ketuntasan belaajr siswa juga meningkat.(3) Terdapat hubungan yang positif dan erat antara aktivitas belajar dan hasil belajar PKn melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas IV SD Bhakti Ibu. Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 32559189 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2017 06:53
Terakhir diubah: 28 Apr 2017 06:53
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26499

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir