PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PARIWISATA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN USAHA JASA KEPARIWISATAAN

AHMAD ZULFIKAR, 1312011025 (2017) PELAKSANAAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI DINAS PARIWISATA PROVINSI LAMPUNG DALAM MENINGKATKAN USAHA JASA KEPARIWISATAAN. FAKULTAS HUKUM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (685Kb) | Preview

Abstrak

Pemerintah Provinsi Lampung dalam upaya peningkatan sektor Pariwisata telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Lampung Nomor 4 Tahun 2016 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Kepariwisataan. Pariwisata merupakan potensi yang harus dikembangkan dan didukung oleh pelaku usaha jasa kepariwisataan, tetapi faktanya Dinas Pariwisata Provinsi Lampung kurang memberikan pembinaan terhadap pelaku usaha jasa kepariwisataan. Permasalahan: (1) Bagaimanakah pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Pariwisata Provinsi Lampung dalam meningkatkan usaha jasa kepariwisataan? (2) Faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Pariwisata Provinsi Lampung dalam meningkatkan usaha jasa kepariwisataan? Pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan hukum normatif dan empiris. Jenis data terdiri dari data sekunder dan data primer yang dikumpulkan dengan wawancara dan dokumentasi Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Pariwisata Provinsi Lampung dalam meningkatkan usaha jasa kepariwisataan adalah (a) Meningkatan usaha jasa kepariwisataan, meliputi usaha jasa pariwisata, pengusahaan obyek dan daya tarik wisata dan usaha sarana wisata (b) Meningkatkan sumber daya manusia profesional, yaitu memberikan kesempatan pendidikan formal dan berbagai pendidikan nonformal kepada para pegawai (c) Meningkatkan intensitas promosi kepariwisataan serta menjalin kerjasama dengan media massa untuk mempromosikan pariwisata (2) Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Dinas Pariwisata Provinsi Lampung dalam meningkatkan usaha jasa kepariwisataan adalah: (a) Kurangnya SDM Profesional untuk mencapai keberhasilan tujuan dan sasaran pemeliharaan kebudayaan Lampung (b) Keterbatasan sarana dan prasarana untuk melaksanakan tugas pengawasan dan kegiatan pengembangan dan promosi wisata. Selain itu kurangnya pembinaan terhadap pemilik usaha jasa kepariwisataan. Saran dalam penelitian ini adalah kepada Dinas Pariwisata Provinsi Lampung agar: (1) mengusulkan penerimaan pegawai yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang relevan dalam bidang pengembangan kepariwisataan. (2) mengupayakan penambahan sarana dan prasarana penunjang dengan cara menganggarkan kebutuhan teknis dalam pengembangan kepariwisataan. (3) membentuk tim khusus dalam rangka mendata, mengakomodasi dan membina pemilik usaha jasa kepariwisataan. Kata Kunci: Tugas Pokok dan Fungsi, Usaha, Jasa Kepariwisataan IMPLEMENTATION OF THE DUTIES AND FUNCTIONS OF THE TOURISM OFFICE OF LAMPUNG PROVINCE IN IMPROVING TOURISM SERVICES BUSINESS Government of Lampung Province in an effort to increase tourism sector has issued Lampung Governor Regulation No. 4 of 2016 on the Implementation Coordination Cross-Sector Strategic Tourism. Tourism is a potential that must be developed and supported by the business operators of tourism services, but the fact of the Tourism Office of Lampung Province less provide guidance to businesses of tourism services. Issues: (1) How is the implementation of the duties and functions of the Tourism Office of Lampung Province in improving tourism services business? (2) What factors are a barrier to the implementation of the duties and functions of the Tourism Office of Lampung Province in improving tourism services business? The approach used is a matter of normative law and empirical approach. This type of data consists of secondary data and primary data collected through interviews and documentation of data analysis using qualitative analysis. The results showed: (1) The duties and functions of the Tourism Office of Lampung Province in improving the services business tourism are (a) To increase the service business of tourism, including tourism businesses, enterprise objects and attractions and tourism facility business (b) Increase human resource professionals, which gives an opportunity of formal education and a variety of non-formal education to employees (c) Increase the intensity of tourism promotion and cooperation with the mass media to promote tourism (2) factors that become an obstacle in the implementation of the basic tasks and functions of the Department of tourism Lampung Province in improving tourism services business is: (a) Lack of HR professionals to achieve success goals and objectives of maintenance culture of Lampung (b) Lack of facilities and infrastructure to perform oversight and the development and promotion of tourism. Besides the lack of guidance to business owners of tourism services. Suggestions in this research is to Lampung Provincial Tourism Office in order to: (1) proposed hiring that have the educational background and relevant experience in the field of tourism development. (2) pursuing additional facilities and infrastructure by way of budgeted technical needs in the development of tourism. (3) established a special team in order to assess, accommodate and foster tourism services business owner. Keywords: Principal Duties and Functions, Business, Tourism Services

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: H Ilmu Sosial = Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
J Political Science > JS Local government Municipal government
Program Studi: Fakultas Hukum > Prodi Ilmu Hukum S1
Depositing User: 12439778 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2017 09:22
Last Modified: 28 Apr 2017 09:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26502

Actions (login required)

View Item View Item