IDENTIFIKASI PATOGEN BUSUK AKAR TANAMAN KOPI (Coffea sp.) DARI ULUBELU, TANGGAMUS DAN SKRINING JAMUR Trichoderma spp. SEBAGAI ANTAGONISNYA

BERRI ADIWASA, 121412038 (2017) IDENTIFIKASI PATOGEN BUSUK AKAR TANAMAN KOPI (Coffea sp.) DARI ULUBELU, TANGGAMUS DAN SKRINING JAMUR Trichoderma spp. SEBAGAI ANTAGONISNYA. FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (144Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3368Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Identitas patogen penyebab penyakit busuk akar pada tanaman kopi dan cara pengendaliannya merupakan informasi yang penting untuk diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyebab penyakit busuk akar pada tanaman kopi dari Ulubelu, Tanggamus dan mendapatkan isolat jamur Trichoderma spp. sebagai antagonisnya. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Bioteknologi Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Lampung pada bulan Agustus hingga November 2016. Secara umum penelitian ini terdiri dari dua tahap, tahap pertama mengidentifikasi penyebab penyakit busuk akar tanaman kopi dari Ulubelu. Tahap kedua melakukan skrining untuk mendapatkan isolat jamur antagonis terbaik untuk mengendalikan patogen penyebab penyakit busuk akar kopi. Penelitian tahap kedua menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) dengan 15 perlakuan dan 4 ulangan. Parameter yang diamati pada tahap skrining adalah persentase penghambatan, kemampuan tumbuh, kerapatan dan viabilitas spora. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan sidik ragam, dan dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada taraf 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab penyakit busuk akar tanaman kopi dari Ulubelu, Tanggamus disebabkan oleh jamur akar cokelat (Phellinus noxius). Didapatkan 6 isolat jamur Trichoderma spp. yang berperan sebagai antagonis jamur akar cokelat pada tanaman kopi. Kata kunci: Identifikasi, kopi, Phellinus noxius, skrining, Trichoderma spp.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Agroteknologi
Pengguna Deposit: 51445238 . Digilib
Date Deposited: 28 Apr 2017 07:33
Terakhir diubah: 28 Apr 2017 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26507

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir