PENGEMBANGAN PERANGKAT BLENDED LEARNING BERBASIS LMS DENGAN MODEL INKUIRI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS

Winda Wijayanti, (1313022084) (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT BLENDED LEARNING BERBASIS LMS DENGAN MODEL INKUIRI PADA MATERI LISTRIK DINAMIS. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (577Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkanperangkat blended learning berbasis LMS dengan model inkuiri pada materi listrik dinamis, mengetahui validitas serta kepraktisan dari produk yang dikembangkan. Penelitian ini berpedoman pada prosedur penelitian dan pengembangan dari Gall et al., (2003) yang dimulai dengan tahap studi pendahuluan, kemudian perancangan program, dan pengembangan program. Tahap studi pendahuluan dilakukan untuk mencari informasi agar masalah yang sedang diteliti memiliki tujuan yang jelas. Tahap perancangan program dilakukan pembuatan perangkat blended learning yang berupa silabus, RPP, LKPD, handout dan kelas online learning dengan menggunakan LMS (learning management system) yaitu schoology. Kemudian tahap pengembangan program. Pada tahap ini dilakukan uji kevalidan hasil rancangan yang dilakukan oleh dua orang ahli fisika dan dilanjutkan dengan uji kepraktisan yang dilakukan oleh tiga orang guru fisika SMA dari SMA yang berbeda. Hasil uji validasi ahli terhadap produk yang dilakukan oleh ahli pertama Winda Wijayanti iii dan kedua memperoleh persentase kelayakan berturut-turut adalah 83,67% dan 84,83%pada perangkat yang dikembangkan sehingga memperoleh kualitas “sangat valid” dengan rekomendasi “layak digunakan”. Setelah melakukan uji validasi dilanjutkan dengan uji kepraktisan produk dengan skor rata-rata dari guru fisika SMA N 1 Gadingrejo sebesar 85, skor rata-rata dari guru fisika SMA N 1 Gedongtataan sebesar 80 dan skor rata-rata dari guru fisika SMA Persada Bandar Lampung sebesar 86,67, sehingga diperoleh skor rata-rata dari ketiga guru tersebut sebesar 83,89 dengan kualitas “sangat baik”. Kata kunci : listrik dinamis, learning management system, blended learning, schoology.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 77785220 . Digilib
Date Deposited: 04 May 2017 06:01
Last Modified: 04 May 2017 06:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26603

Actions (login required)

View Item View Item