PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ALQURUN TEACHING MODEL (ATM) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Yenda Bella Putri, 1423021097 (2017) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS ALQURUN TEACHING MODEL (ATM) PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (162Kb) | Preview
[img] Text
TESIS FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1201Kb) | Request a copy
[img]
Preview
Text
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1057Kb) | Preview

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Alqurun Teaching Model ATM)pada materi teorema Pythagoras dan mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis ATM pada materi teorema Pythagoras. Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan yang mengadaptasi model penelitian pengembangan dari Borg dan Gall. Prosedur penelitian yang dilakukan,meliputi studi pendahuluan dan pengumpulan informasi,perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba produk awal, revisi produk pertama, uji coba terbatas, revisi produk kedua, dan uji lapangan. Karakteristik bahan ajar berbasis ATM pada materi teorema Pythagoras dikembangkan berdasarkan sintaks ATM,yaitu acknowledge, literature,quest,unite, refine, use, dan name. Validasi produk pengembangan ini dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Bertindak sebagai subjek uji coba terbatas adalah 10 siswa kelas VIII.4, sedangkan subjek uji coba lapangan adalah 34 siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 1 Talangpadang. Hasil uji efektivitas terhadap penggunaan bahan ajar berbasis ATM ditinjau dari ketuntasan hasil posttest siswa menunjukkan bahwa dari 34 siswa yang mengikuti tes terdapat 26 siswa (76%) yang berhasil mencapai KKM. Kata kunci: ATM, Teorema Pythagoras, Bahan Ajar.

Tipe Karya Ilmiah: Tesis (Masters)
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QA Mathematics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: 45175837 . Digilib
Date Deposited: 05 May 2017 01:30
Last Modified: 05 May 2017 01:30
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26604

Actions (login required)

View Item View Item