PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN KOTEKSTUAL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS

MUHAMMAD IQBAL, 1423021037 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN PENDEKATAN KOTEKSTUAL DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP DAN DISPOSISI MATEMATIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (233Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1549Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Hasil analisis kebutuhan bahwa pemahaman konsep matematika khususnya pokok bahasan logika matematika belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) secara individu dan klasikal, dikarenakan pengemasan materi pembelajaran yang kurang mengakomodasi dan membangun pemahaman konsep siswa. Kurang aktif dan antusias siswa dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan guru. Hal ini menunjukkan dibutuhkannya pengembangan bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk membangun dan menemukan konsep matematika dan disposisi matematis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kedondong, Pesawaran, tahun akademik 2015/2016. Penelitian dan pengembangan ini mengikuti langkah-langkah Borg&Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar kerja peserta didik, lembar disposisi matematis, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) setelah melalui validasi dan revisi diperoleh LKPD materi logika matematika yang memenuhi kriteria valid dengan kategori sangat baik; (2) penggunaan LKPD dengan pendekatan kontekstual ditandai dengan ketercapaian KKM siswa = 70, dengan ketuntasan klasikal 82,01% untuk pemahaman konsep. Hal ini dapat diketahui dari prosentase ketercapaian pemahaman konsep matematika yakni 37,5% siswa termasuk dalam kategori yang kemampuan pemahaman konsepnya sangat baik, 34,37% kemampuan pemahaman konsepnya baik, 12,5% dalam kemampuan konsepnya cukup dan 15,62 % dalam kemampuan kurang dan siswa ini masih siswa yang sama. Hal ini menunjukkan bahwa pencapaian indikator pemahaman konsep sepenuhnya belum dapat terpenuhi, ini dikarenakan kemampuan siswa heterogen sehingga pencapaian dari seluruh indikator tidak dapat tercapai sepenuhnya. Hasil pengamatan disposisi matematis diperoleh data rata-rata 92,03%. Indikator yang paling baik dimiliki siswa selama pembelajaran yaitu rasa ingin tahu, refleksi, menghargai aplikasi matematika, dan mengapresiasi peranan matematika. Kata kunci: LKPD kontekstual, logika matematika, pemahaman konsep, disposisi matematis ABSTRACT The results of requirement analysis the understanding of mathematical concept, especially the subject of mathematical logic, has not reached the Minimum Exhustiveness Criteria (KKM) individually and clasically, because the packaging of learning materials is less accomodating and building students’ conceptual understanding. Les active and anthusiastic students in doing the exercises given eachers. This show the need for development of teaching materials. This study aims to build and find mathematical concepts and mathematical dispotitions of students. The subjects were students of class X SMA Negeri 1 Kedondong, Pesawaran, academic year 2015/2016. Research and development is following the steps Borg & Gall. The research and development follows the steps of Borg & Gall. Data collection techniques use student’s worksheet, mathematical dispotiton sheet, and test. Data analysis is done descriptively. The result showed: (1) after the validation and revision obtained LKPD mathematical logic material that meets the criteria valid with very good category; (2) the use of LKPD with contextual approach characterized by the achievment of KKM students = 70, with 82,1% classical completeness for concept comprehension. This can be seen from the percentage of comprehension of the understanding of mathematical concept that is 37,5% of students included in the category of the ability of understanding the concept is very good, 34,37% ability to understand to concept is good, 12,5% in ability enough concept and 15,62% in ability Less and this student is still the same student. This indicates that the achivement of the conceptual comprehension indicator has not been fully meet, this is due to the heterogeneous student’s abilty so that the achievement bof all indicators can not be fully achieved. The result of observation of mathematical dispotition is 92,03%. The best indicators student’s have during learning are curiosity, reflection, appreciate mathematical applications, and appreciated the role of mathematics. Keywords: LKPD contextual, logical-mathematical, understanding of concepts, mathematical disposition

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 41930030 . Digilib
Date Deposited: 09 May 2017 03:24
Terakhir diubah: 09 May 2017 03:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26633

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir