EFEKTIVITAS PENERAPAN REMEDIAL TEACHING DALAM MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X IIS SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

TAUFIQ INDRA SETIAWAN, (1013033061) (2017) EFEKTIVITAS PENERAPAN REMEDIAL TEACHING DALAM MENCAPAI KETUNTASAN HASIL BELAJAR SEJARAH KELAS X IIS SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2747Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2247Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengajaran perbaikan (Remedial Teaching) merupakan bentuk kasus pengajaran, yang bermaksud membuat baik atau menyembuhkan. Proses pengajaran remedial ini sifatnya lebih khusus karena disesuaikan dengan karakteristik kesulitan belajar yang dihadapi murid. Proses bantuan lebih ditekankan pada usaha perbaikan cara mengajar, menyesuaikan materi pelajaran, arah belajar dan menyembuhkan hambatan-hambatan yang dihadapi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Penerapan Remedial Teaching efektif dalam mencapai ketuntasan hasil belajar sejarah Kelas X IIS di SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017?”. Dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, penelitian kuantitatif merupakan suatu proses dalam penelitian yang memandang kebenaran sebagai sesuatu yang tunggal, objek, universal, dan dapat diverifikasi. Berdasarkan hasil penelitian pada kelas eksperimen yakni kelas X IIS 1 diperoleh nilai tertinggi yang dicapai siswa adalah 95, sedangkan nilai terendah yang diperoleh adalah 45. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa seluruh responden mempunyai nilai rata-rata 77,36. Pada kelas kontrol yakni kelas X IIS 2 diperoleh nilai tertinggi yang dicapai adalah 80, sedangkan nilai terendah adalah 33. Dari hasil tersebut diketahui bahwa seluruh responden mempunyai nilai rata-rata 53,53 dan berdasarkan hasil dari skor kuesioner yang telah diperoleh dijumlahkan kemudian dirata-ratakan dengan perolehan rata-rata 80,71% . Dari penelitian tersebut menyatakan bahwa penerapan Remedial Teaching efektif dalam mencapai ketuntasan hasil belajar sejarah kelas X IIS SMA Persada Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 dan diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mencapai ketuntasan hasil belajar di SMA Persada Bandar Lampung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 30395809 . Digilib
Date Deposited: 12 May 2017 03:52
Terakhir diubah: 12 May 2017 03:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26641

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir