PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO PUSAT

RINA MURNIATI, 1313053137 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IV SD NEGERI 10 METRO PUSAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (944Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (945Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Pusat. Hal ini terlihat dari nilai mid semester ganjil, dari 20 orang siswa kelas IVA hanya ada 1 orang siswa atau 5% siswa yang telah mencapai KKM dan ada 19 orang siswa atau 95% siswa yang belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV SD Negeri 10 Metro Pusat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berbentuk quasi eksperimental design dengan rancangan eksperimen non equivalent group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen sebesar 36,39, dan nilai ratarata posttest sebesar 72,78, dengan hasil ketuntasan sebesar 53,33%, nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 38,06, dan nilai rata-rata posttest sebesar 58,89, dengan hasil ketuntasan sebesar 26,67%. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis menggunakan program SPSS 20 diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,04, (0,04<0,05) sehingga Ha diterima. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking stick dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran kooperatif, talking stick.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 93537442 . Digilib
Date Deposited: 15 May 2017 07:40
Terakhir diubah: 15 May 2017 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26649

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir