PENGARUH AIR KELAPA ( Cocos nucifera L. ) TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN KECAMBAH BIJI KAKAO ( Theobroma cacao L. )

WINDA JAYANTI , (1317021082) (2017) PENGARUH AIR KELAPA ( Cocos nucifera L. ) TERHADAP PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN KECAMBAH BIJI KAKAO ( Theobroma cacao L. ). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1509Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1508Kb)

Abstrak

ABSTRAK Kakao (Theobroma cacao L) merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat, dapat digunakan untuk pembuatan produk kecantikan dan produk makanan. Kakao merupakan komuditas ekspor yang cukup potensial sebagai penghasil devisa negara, ekspor kakao menempati posisi ketiga setalah karet dan minyak sawit. Budidaya kakao harus diiringi dengan penyediaan bibit yang cepat dan unggul guna memenuhi kebutuhan program budidaya. Air kelapa diketahui banyak mengandung hormon pertumbuhan yang diperlukan untuk proses pertumbuhan suatu tanaman untuk mengupayakan penyediaan bibit kakao yang unggul dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh air kelapa terhadap perkecambahan dan pertumbuhan kecambah kakao. Dilaksanakan dari bulan november sampai desember 2016 di Laboratorium Botani Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan faktor tunggal konsentrasi air kelapa 0% v/v, 15% v/v, 30% v/v, 45% v/v, dan 60% v/v. Variabel yang diukur adalah persentase daya kecambah, tinggi tanaman, berat segar, berat kering, dan kandungan klorofil. Data perkecambahan diukur berdasarkan persentase biji berkecambah. Data pertumbuhan kecambah diuji homogenitasnya dengan uji Levene apa bila data homogen di lanjutkan Analisis Ragam (Anara) dengan α 5%. Jika terdapat perbedaan pada perlakuan, maka dilanjutkan uji lanjut menggunakan BNT α 5% untuk mengetahui perbedaan antar perlakuan. Hasil penelitian ini menunjukkan perkecambahan dan pertumbuhan kecambah kakao yang paling baik adalah pada perlakuan air kelapa 30%. Kata kunci : Kakao (Theobroma cacao L), air kelapa, perkecambahan dan pertumbuhan.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Q Science (General) > Q Science (General)
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Depositing User: 78203919 . Digilib
Date Deposited: 17 May 2017 04:05
Last Modified: 17 May 2017 04:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26652

Actions (login required)

View Item View Item