PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016

WAHYU NUR HIDAYAT, 1113033066 (2017) PENGARUH METODE DISKUSI KELOMPOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2989Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2454Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tingkat pendidikan suatu bangsa dapat menggambarkan kemajuaan peradaban bangsa tersebut. Dalam pendidikan proses pembelajaran menjadi hal yang penting, dalam proses pembelajaran diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dalam proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Metode diskusi kelompok merupakan metode pembelajaran yang difokuskan pada siswa, Metode ini memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan pola pikirnya terhadap permasalahan yang di berikan oleh guru, dengan berdiskusi dengan teman dan bimbingan dari guru siswa di harapkan dapat lebih termotivasi dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh metode diskusi kelompok terhadap motivasi belajar sejarah kelas XI di SMA N I Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode diskusi kelompok terhadap motivasi belajar sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri I Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan uji korelasi Theta. Berdasarkan hasil perhitungan peneliti dengan menggunakan uji Theta, peneliti mendapatkan hasil 0,71 dan setelah dikaitkan dengan tabel koefisien korelasi, hasil 0,71 dapat di kategorikan tinggi atau kuat. Jadi dapat di simpulkan bahwah Besarnya pengaruh metode diskusi kelompok Terhadap motivasi belajar Sejarah siswa kelas XI di SMA Negeri I Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah adalah tinggi atau kuat.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 81744452 . Digilib
Date Deposited: 20 May 2017 04:07
Terakhir diubah: 20 May 2017 04:07
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26664

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir