PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

HARI KURNIAWAN, 1113033023 (2017) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP MINAT SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2162Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1696Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Implementasi Kurikulum 2013 menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran,peran seorang guru di dalam kelas tidak lagi mendominasi. Model pembelajaran yang menunjang tujuan dari penerapan Kurikulum 2013 salah satunya ialah Model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Pair Share dengan Model ini memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan potensinya dalam sebuah kelompok. Keaktifan siswa di SMP Negeri 16 masih cukup rendah hingga minat belajar siswa pun masih rendah karena diduga model yang diterapkan belum sesuai. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya ialah apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan model Pembelajaran Koperatif tipe Think Pair Share terhadap minat siswa pada Mata Pelajaran IPS siswa kelas VII SMP Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015-2016?”. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh yang positif dan signifikan model Pembelajaran Koperatif Tipe Think Pair Share terhadap minat siswa pada Mata pelajaran IPS kelas VII SMP Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015-2016. Penelitian menggunakan desain penelitian posstest only control design.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015-2016 Semester Genap dengan jumlah 54 Siswa yang terdiri dari 21 Laki-laki dan 33 Perempuan.Teknik pengumpulan data menggunakan amgket,teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil hitung dengan menggunakan uji theta didapat nilai koefisien korelasi theta sebesar 0,46 memberikan arti bahwa ada pengaruh yang positif model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap minat siswa, dengan kekuatan hubungan yang cukup berarti atau sedang. Dalam perhitungan dengan rumus kai kuadrat di peroleh X2 =10,14 dan Xtabel = 5,488 dengan taraf signifikan sebesar 0,05, Maka kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap minat siswa siswa..

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 48985739 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2017 02:55
Terakhir diubah: 23 May 2017 02:55
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26675

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir