PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS DAN FAKTOR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS TEMATIK TERPADU DI SMP NEGERI 1 TANJUNGSARI

ANA PRATIWI MARDATILA, 1313034006 (2017) PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS DAN FAKTOR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN IPS TEMATIK TERPADU DI SMP NEGERI 1 TANJUNGSARI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (85Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1416Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1417Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh faktor psikologis terhadap hasil belajar, (2) pengaruh faktor sekolah terhadap hasil belajar, (3) pengaruh faktor psikologis dan faktor sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Tematik Terpadu di SMP Negeri 1 Tanjungsari. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 246 siswa kelas VII dengan sampel sebanyak 49 siswa yang diperoleh menggunakan teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh faktor psikologis terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Tematik Terpadu di SMP Negeri 1 Tanjungsari dengan kontribusi masih belum optimal, (2) ada pengaruh faktor sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Tematik Terpadu di SMP Negeri 1 Tanjungsari dengan kontribusi masih belum optimal, (3) ada pengaruh faktor psikologis dan faktor sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Tematik Terpadu di SMP Negeri 1 Tanjungsari dengan kontribusi masih belum optimal. Kata kunci: psikologis, sekolah, hasil belajar, IPS ABSTARCT The purpose of this research is to know: (1) the influence psychological factor to learning results, (2) the influence school factor to learning results, (3) the influence psychological and school factor to learning results of 7th grade students on the integrated social science thematic subject in SMP Negeri 1 Tanjungsari. This research used ex post facto method. The population of this research is 246 students of 7th grade obtained from 49 students as sample by using proportional random sampling technique. The data collecting technique uses questionnaires and documentation. The technique of data analysis uses simple linear regression analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that: (1) there was influence psychological factor to learning results of 7th grade students on the integrated social science thematic subject in SMP Negeri 1 Tanjungsari which the contribution has not been optimal, (2) there was influence school factor to learning results of 7th grade students on the integrated social science thematic subject in SMP Negeri 1 Tanjungsari which the contribution has not been optimal, (3) there was influence psychological and school factor to learning results of 7th grade students on the integrated social science thematic subject in SMP Negeri 1 Tanjungsari which the contribution has not been optimal. Keywords: psychological, school, learning results, integrated social science

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 21707212 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2017 04:15
Terakhir diubah: 23 May 2017 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26676

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir