PROFIL KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

FITRI NURAINI, 1213024026 (2017) PROFIL KETERAMPILAN BERTANYA SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (521Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (522Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan dalam pembelajaran Biologi pada siswa kelas XI IPA dan kelas XII IPA SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 7, XI IPA 8, XII IPA 6 dan XII IPA 7 yang berjumlah 179 siswa dipilih menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Data kualitatif berupa deskripsi keterampilan bertanya dan kualitas pertanyaan berdasarkan gender siswa yang diperoleh dari observasi yang dianalisis dengan menghitung persentase dan diinterpretasikan ke dalam tabel kriteria serta diperkuat dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum keterampilan bertanya siswa dalam pembelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Bandar Lampung berkategori “sedang” dengan persentase sebesar 61,9%. Kualitas pertanyaan yang diajukan siswa laki-laki dan perempuan tergolong dalam pertanyan kognitif tingkat “rendah” dengan persentase sebesar 44,43%. Kualitas pertanyaan siswa pada pembelajaran biologi bervariasi yaitu kualiatas pertanyaan C1 dengan persentase sebesar 25,57%, pertanyaan C2 sebesar 13,36%, pertanyaan C3 sebesar 5,50%, pertanyaan C4 sebesar 8,87%, pertanyaan C5 sebesar 2,17%, dan pertanyaan C6 sebesar 0. Siswa perempuan lebih banyak bertanya dengan persentase 34,78% sedangkan siswa laki-laki lebih sedikit dengan nilai persentase 20,69%. Kata kunci: Gender, Keterampilan bertanya, Kualitas Pertanyaan, Pembelajaran Biologi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 29190826 . Digilib
Date Deposited: 23 May 2017 06:21
Terakhir diubah: 23 May 2017 06:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26682

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir