PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK (GW) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

IRA ANDESTIA, 1313033041 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK (GW) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 26 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2201Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1155Kb) | Preview

Abstrak

Berdasarkan observasi pada penelitian pendahuluan Kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung diketahui bahwa hasil belajar kognitif siswa hanya 73 siswa dengan persentase (30,17%) dari jumlah seluruh siswa sebanyak 242 siswa yang mampu mencapai KKM dalam ulangan harian IPS Terpadu. Hal tersebut dikarenakan tinggi rendahnya hasil belajar tidak semata-mata hanya ditentukan oleh siswa itu sendiri, melainkan juga ditentukan oleh penggunaan model pembelajaran yang tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Gallery Walk. Model pembelajaran ini dapat berperan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh model pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode eksperimen dan desainnya True Experimental Design dalam bentuk Posttest Only Control Design. Teknik pemilihan sampel ialah random sampling dan Teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan tes. Teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus koefisien Eta (η). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat kuat model pembelajaran Gallery Walk terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017. Hal itu dibuktikan menggunakan rumus uji kolerasi eta diperoleh hasil 0,9 yang kemudian jika dikategorikan dalam koefisien kolerasi dan kekuatan hubungan memiliki arti sangat kuat.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 19313703 . Digilib
Date Deposited: 30 May 2017 02:23
Last Modified: 30 May 2017 02:23
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26706

Actions (login required)

View Item View Item