KARAKTERISASI PLANLET ANGGREK BULAN (Phalaenopsis amabilis (L.) Bl.) HASIL INOKULASI Rhizoctonia sp. DAN INDUKSI ASAM SALISILAT SECARA IN VITRO

ferza hatni, 1317021027 (2017) KARAKTERISASI PLANLET ANGGREK BULAN (Phalaenopsis amabilis (L.) Bl.) HASIL INOKULASI Rhizoctonia sp. DAN INDUKSI ASAM SALISILAT SECARA IN VITRO. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1346Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1099Kb) | Preview

Abstrak

abstrak Anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis (L.) Bl.) merupakan tanaman hias yang banyak diminati oleh masyarakat karena memiliki bentuk dan warna bunga yang sangat indah, selain itu memiliki nilai ekonomi yang tinggi, kendala dalam pembudidayaan P.amabilis salah satunya adalah penyakit layu fusarium yang disebabkan oleh jamur F.oxysporum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter yang spesifik pada planlet anggrek P.amabilis setelah diinokulasi Rhizoctonia sp. dan diinduksi asam salisilat serta untuk mengetahui interaksi antara asam salisilat dan Rhizoctonia sp. terhadap kandungan klorofil a, b dan total, aktivitas enzim peroksidase dan indeks stomata. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2016 sampai dengan Januari 2017 di Laboratorium Botani (ruang penelitian in vitro), Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung. Penelitian ini disusun dengan pola dasar Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RALF) menggunakan dua faktor, yaitu inokulasi Rhizoctonia sp. dengan 2 taraf: V0 (tidak diinokulasi Rhizoctonia sp.) dan V1 (diinokulasi Rhizoctonia sp.) serta konsentrasi asam salisilat dengan 4 taraf: 0 ppm, 85 ppm, 95 ppm, dan 105 ppm dengan 4 kali ulangan. Parameter yang diamati adalah kandungan klorofil a, b dan total, aktivitas enzim peroksidase serta indeks stomata. Homogenitas ragam menggunakan uji Levene dilanjutkan dengan analisis ragam pada taraf nyata 5% dan uji lanjut dengan BNT pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa planlet P.amabilis yang diinokulasi Rhizoctonia sp. dan diinduksi asam salisilat pada berbagai konsentrasi memiliki karakter yang berbeda dibandingkan kontrol. Kandungan klorofil a, b dan total serta enzim peroksidase mengalami peningkatan dengan semakin meningkatnya konsentrasi asam salisilat dan konsentrasi yang toleran adalah 105 ppm, serta terdapat interaksi antara asam salisilat dengan Rhizoctonia sp. terhadap indeks stomata. Kata kunci: Phalaenopsis amabilis, asam salisilat, Rhizoctonia sp., in vitro.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 20297316 . Digilib
Date Deposited: 30 May 2017 07:22
Terakhir diubah: 30 May 2017 07:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26719

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir