PERAN ALBERTUS HERMELINK GENTIARAS SCJ DALAM PENGEMBANGAN AGAMA KATOLIK DI LAMPUNG TAHUN 1932-1978 (Suatu Tinjauan Historis)

R. ADINDA KESUMAJATI , 1213033062 (2017) PERAN ALBERTUS HERMELINK GENTIARAS SCJ DALAM PENGEMBANGAN AGAMA KATOLIK DI LAMPUNG TAHUN 1932-1978 (Suatu Tinjauan Historis). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (618Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1663Kb)

Abstrak

ABSTRAK Lampung telah menjadi pos misi bagi pengembangan Agama Katolik di Indonesia sejak dibuka kembali Sumatera sebagai bagian daerah misi awal abad ke 19. Pos-pos misi di Sumatera yang berjarak berjauhan sekaligus tidak memadainya alat transportasi, menyebabkan terjadinya kekosongan imam yang berkarya di pos misi Lampung dalam jangka waktu lama. Keadaan tersebut membuat Lampung membutuhkan seorang imam, maka Pastor Albertus Hermelink Gentiaras SCJ ditugaskan untuk melakukan perannya berkarya dalam pengembangan Agama Katolik di Lampung. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana peran normatif Albertus Hermelink Gentiaras SCJ dalam pengembangan Agama Katolik di Lampung?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran normatif Albertus Hermelink Gentiaras SCJ dalam pengembangan Agama Katolik di Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian historis, serta data dianalisis dengan teknik analisis data historis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa peran normatif Albertus Hermelink Gentiaras SCJ dilaksanakan berdasarkan status dan fungsinya, sehingga menghasilkan perannya yang dilaksanakan ke dalam empat bidang yang menyangkut perkembangan iman dan kesejahteraan umat dan masyarakat. Bidang-bidang tersebut adalah bidang pastoral, bidang kesehatan, bidang pendidikan dan bidang sosial ekonomi. Kesimpulan penelitian ini adalah Albertus Hermelink Gentiaras SCJ berhasil melaksanakan perannya secara total, maksimal, spontan dan semakin terstruktur berdasarkan situasi dan kondisi yang ada ditiap periodenya sesuai kebutuhan dan perkembangan Agama Katolik di Lampung.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BR Christianity
Hukum Pidana > Agama > BR Christianity

L Education > LA History of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Depositing User: 84315722 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2017 07:08
Last Modified: 02 Jun 2017 07:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26733

Actions (login required)

View Item View Item