LEZY MAIDELA , 1313023045 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Registered users only Download (2047Kb) |
|
|
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1333Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan self efficacy dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung pada semester genap tahun 2016/2017. Teknik pe¬ngambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan di¬peroleh sampel kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperi¬men dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengaruh strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain self efficacy dan penguasaan konsep siswa, kemudian ukur¬an besar pengaruh strategi scaffolding tersebut diukur berdasarkan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain self efficacy berkriteria “sedang” dan penguasaan konsep berkriteria “tinggi”. Selanjutnya, strategi scaffolding pada model pembe¬lajaran SiMaYang memiliki pengaruh “sedang” terhadap pe¬ningkat¬an self efficacy siswa dan memiliki pengaruh “besar” terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di-simpulkan bahwa strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang ber¬pengaruh dalam meningkatkan self efficacy dan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: penguasaan konsep, self efficacy, SiMaYang, strategi scaffolding.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | L Education > L Education (General) = Pendidikan Q Science (General) > QD Chemistry |
Program Studi: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | 32930075 . Digilib |
Date Deposited: | 02 Jun 2017 07:02 |
Last Modified: | 02 Jun 2017 07:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |