PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

LEZY MAIDELA , 1313023045 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN SELF EFFICACY DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2047Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1333Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang dalam meningkatkan self efficacy dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung pada semester genap tahun 2016/2017. Teknik pe¬ngambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling dan di¬peroleh sampel kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperi¬men dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengaruh strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain self efficacy dan penguasaan konsep siswa, kemudian ukur¬an besar pengaruh strategi scaffolding tersebut diukur berdasarkan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain self efficacy berkriteria “sedang” dan penguasaan konsep berkriteria “tinggi”. Selanjutnya, strategi scaffolding pada model pembe¬lajaran SiMaYang memiliki pengaruh “sedang” terhadap pe¬ningkat¬an self efficacy siswa dan memiliki pengaruh “besar” terhadap peningkatan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat di-simpulkan bahwa strategi scaffolding pada pembelajaran SiMaYang ber¬pengaruh dalam meningkatkan self efficacy dan penguasaan konsep pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Kata kunci: penguasaan konsep, self efficacy, SiMaYang, strategi scaffolding.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 32930075 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2017 07:02
Last Modified: 02 Jun 2017 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26750

Actions (login required)

View Item View Item