IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA AYAM PETELUR (Gallus gallus) DI DESA KARANG SARI KECAMATAN JATI AGUNG, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

NISWATUN HASANAH , 1317021055 (2017) IDENTIFIKASI EKTOPARASIT PADA AYAM PETELUR (Gallus gallus) DI DESA KARANG SARI KECAMATAN JATI AGUNG, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1084Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (842Kb) | Preview

Abstrak

ABSRTAK Usaha peternakan ayam ras petelur (Gallus gallus) merupakan salah satu ternak unggas yang dapat mendukung program pemerintah, karena keunggulannya dalam memproduksi telur. Namun, dalam pemeliharannya terdapat beberapa kendala, salah satunya adalah ektoparasit yang mengganggu perkembangan ayam. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2016 – Januari 2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis ektoparasit pada ayam petelur (Gallus gallus) yang terinfeksi di Desa Karang Sari Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. Pengambilan sampel dilakukan secara Purposive Sampling. Sampel ektoparasit diambil dari 100 ekor ayam petelur, yang berasal dari 4 kandang, masing-masing kandang diambil 25 ekor. Pengamatan sampel ektoparasit dilakukan dibagian kepala, leher, dada, punggung, ekor dan kaki dengan cara menggunakan rabaan jari. Selanjutnya identifikasi dilakukan di Laboratorium Parasitologi, Balai Veteriner Lampung. Hasil penelitian ditemukan tiga jenis kutu yaitu, Menopon gallinae, Menacanthus stramineus, Lipeurus caponis dan satu jenis tungau yaitu Dermanyssus gallinae. Nilai prevalensi kutu Menopon gallinae 59,14%, Menacanthus stramineus 8,75%, Lipeurus caponis 20,14%, dan Dermanyssus gallinae 13,14%. Prevalensi serangan ektoparasit pada ayam petelur (Gallus gallus) di desa Karang Sari, Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan sebesar 50%. Kata kunci : Ayam petelur (Gallus gallus), ektoparasit, kutu, tungau.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 6416896 . Digilib
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:50
Terakhir diubah: 06 Jun 2017 02:50
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26756

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir