EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP SISWA TERHADAP WIRAUSAHA SISWA DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK N 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

ANI MARLENA, 1523031012 (2017) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE DAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN SIKAP SISWA TERHADAP WIRAUSAHA SISWA DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA MATA PELAJARAN KEWIRAUSAHAAN KELAS X SMK N 2 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3252Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2831Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas VCT dan CS dalam menumbuhkembangkan sikap terhadap wirausaha siswa dengan memperhatikan kecerdasan adversitas siswa pada pembelajaran mata pelajaran Kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMKN 2 Bandar Lampung Tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 20 rombel dan sampel kelas XTP 1 dan X TP 3 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Desain ekperimen dalam penelitian ini yaitu desain faktorial. Instrumen yang digunakan yaitu skala psikologi dan Adversity response profil. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varian dua jalan dan t-test dua sampel independen. Hasil analisis menunjukkan (1) Terdapat perbedaan sikap siswa terhadap wirausaha antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CS. (2) Ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas terhadap wirausaha. (3) Sikap terhadap wirausaha yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT lebih positif dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CS pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi. (4) Sikap terhadap wirausaha yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran CS lebih positif dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran VCT pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah. Kata kunci : cooperative script, kecerdasan adversitas, sikap terhadap wirausaha dan value clarification technique abstract This study was aimed at determining the effectiveness of VCT and CS in developing students’ attitude on entrepreneurship which concerned on student’s adversity question on Entrepreneurship subject. The method used was experimental research with a Comparative Approach. The population were all students of Class X at SMK 2 Bandar Lampung in 2016/2017 Academic Year with 20 rombel students as the sample X TP1 and X TP 3 with determined by random cluster sampling technique. The study design used is a factorial design. The instruments used are skala psikologi and adversity response profil. Hypothesis was tested by using two paths variance analysis and independent two samples t-test. The results showed that (1) There was a difference on the students’ attitude on entrepreneurship between those who taught by VCT learning model and those who taught by CS learning model. (2) There was an effect of interaction between learning model and adversity question towards entrepreneurship. (3) The students taught by VCT learning model had more positive attitude towards entrepreneurship than those taught by CS learning model for the students who had high adversity question. (4) The students taught by CS learning model had more positive attitude towards entrepreneurship than those taught by VCT learning model for the students who had low adversity qustion. Keywords : adversity question, attitude towards entrepreneurship, cooperative script, value clarification technique.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 71355469 . Digilib
Date Deposited: 07 Jun 2017 02:33
Terakhir diubah: 07 Jun 2017 02:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26768

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir