HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN AKTIVITAS BELAJAR DI LUAR SEKOLAH SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARTARAHARJA KECAMATAN TULANG BAWANG UDIK

DWI SETIA PUTRA, 1343053011 (2017) HUBUNGAN PERHATIAN ORANGTUA DENGAN AKTIVITAS BELAJAR DI LUAR SEKOLAH SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 KARTARAHARJA KECAMATAN TULANG BAWANG UDIK. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1019Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (809Kb) | Preview

Abstrak

Masalah penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam aktivitas belajar di luar sekolah dan perhatian orangtua yang kurang di rumah pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Kartaraharja Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Ajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perhatian orangtua dengan aktivitas belajar di luar sekolah siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik proporsional random sampling berdasarkan jenjang pendidikan orangtua dengan sampel penelitian ini adalah sebanyak 21 orangtua dari siswa kelas IV A dan IV B SD Negeri 2 Kartaraharja. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi tata jenjang dari Spearman. Hasil analisis data menunjukkan ada hubungan yang positif antara perhatian orangtua dengan aktivitas belajar di luar sekolah siswa kelas IV SD Negeri 2 Kartaraharja Kecamatan Tulang Bawang Udik Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun Ajaran 2016/2017 diterima. Kata kunci: aktivitas belajar, luar sekolah, perhatian orangtua. abstract The problems in this study focuses on the poor condition of students’ learning activities outside school and the lack of parental attention on the fourth graders students’ of elementary school 2 Kartaraharja District of Tulang Bawang Udik, West Tulang Bawang Regency academic year of 2016/2017. The purpose of this study is to determine the correlation between parental attention with students’ learning activities outside school. The type of the study is correlation study. This study used proportional random sampling technique based on the level of parents’ education for 21 parents’ of students’ of class IV A and IV B of elementary School 2 Kartaraharja. The data analysis was done using Spearman level Correlation formula. The results showed that there was of positive correlation between parental attention with students’ learning activities outside school for grade IV of Elementary School 2 Kartaraharja District of Tulang Bawang Udik, West Tulang Bawang Regency academic year of 2016/2017. Keyword: learning activities, outside school, parental attention

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 77485809 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2017 03:05
Last Modified: 08 Jun 2017 03:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26782

Actions (login required)

View Item View Item