PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT

RESTU DWI APRIAN, 1313023067 (2017) PENGARUH STRATEGI SCAFFOLDING PADA PEMBELAJARAN SIMAYANG DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1717Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1586Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang dilihat dari perbedaan rata-rata n-Gain keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 5 Bandar Lampung pada semester genap tahun 2016/2017. Teknik pe¬ngambilan sampel yang digunakan yaitu teknik cluster random sampling sehingga di¬peroleh sampel kelas X MIA 3 dan X MIA 4. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperi-men dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Kelas eks-perimen diberi perlakuan menggunakan strategi scaffolding dalam pembelajaran SiMaYang, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran SiMaYang tanpa strategi scaffolding. Pengaruh penerapan strategi scaffolding diukur berdasarkan perbedaan n-Gain antara kelas kontrol dan eksperimen. Teknik analisis data hasil belajar dalam penelitian ini adalah menggunakan nilai n-Gain dan pengujian hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil pene-litian membuktikan bahwa penerapan strategi scaffolding pada pembelajar-an SiMaYang berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Ukuran pengaruh (effect size) penerapan strategi scaffolding sebesar 0,96 yaitu kategori “sangat besar”. Kata kunci: keterampilan proses sains, larutan elektrolit dan non elektrolit, SiMaYang, strategi scaffolding.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: 26078622 . Digilib
Date Deposited: 08 Jun 2017 03:26
Terakhir diubah: 08 Jun 2017 03:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26785

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir